Sebelum Menjadi Kiper, I Made Wirawan Awalnya Seorang Striker

Sebelum Menjadi Kiper, I Made Wirawan Awalnya Seorang Striker
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - I Made Wirawan, begitulah namanya. Pria kelahiran Gianyar, Bali ini merupakan pesepak bola yang beroperasi sebagai kiper.

Berkat penampilannya di bawah mistar gawang, namanya populer. Bahkan saat ini membela tim kebanggaan masyarakat Jawa Barat, Persib Bandung.

Bahkan bersama tim berjulukan Maung Bandung itu, Made menjadi kiper yang tak tergantikan. Posisinya kerap menjadi pilihan utama sejak direkrut pada musim 2012-2013.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa I Made Wirawan awalnya bukan kiper. Sebaliknya pemilik nomor punggung 78 itu beroperasi sebagai striker.

"Jadi saat saya kecil, saya ikut klub-klub perserikatan gitu, ada Liganya juga. Kebetulan karena saat itu saya paling kecil, saya disuruh jadi kiper," kata Made saat dihubungi, Selasa (9/6/2020).

Saat itu, Made terpaksa menerima tawaran menjadi kiper lantaran rekan-rekan setimnya termasuk lawannya tidak tega menghadapinya yang saat itu ukuran tubuhnya paling kecil dibandingkan lainnya.

"Saya itu ikut tim senior. Dan mereka takut karena saya kecil, sedangkan mereka gede-gede. Akhirnya saya disuruh jadi kiper. Mereka takut kena benturan, kena injak atau apa. Soalnya saya masih SD. Dan kebetulan tidak ada kiper," katanya.

Sejak saat itu, Made keterusan beroperasi sebagai kiper. Bahkan ketika masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), posisi kiper masih dilakukannya.

"Saat SMP ada Porseni, kadang striker, kadang menjadi kiper sama pelatih. Tapi akhirnya menjadi kiper," kenangnya.

Made mengaku menjadi menikmati perannya sebagai kiper. Alhasil dia menjadi kiper profesional hingga membela tim nasional Indonesia .

"Senang juga saat itu dikasih peran sebagai kiper dan akhirnya lanjut," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)