Belum Berizin Lengkap, Metland Mall Cileungsi Tetap Dipebolehkan Beroperasi Kembali

Belum Berizin Lengkap, Metland Mall Cileungsi Tetap Dipebolehkan Beroperasi Kembali
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Cileungsi - Metland Mall Cileungsi diperbolehkan beroperasi kembali sambil menunggu kepastian kelengkapan protokol kesehatan dan lainnya agar para pekerja, pengelola maupun pengunjung terhindar dari wabah virus corona.

"Setelah tim turun ke lapangan dan memberikan masukan maka mereka diwajibkan melaksanakan rekomendasi Tim Gugus Tugas Penangganan Covid-19 Kabupaten Bogor. Sambil menunggu izin tertulis dari kami seperi juga Cibinong City Mall dan lainnya kami memperbolehkan mereka beroperasi kembali dengan catatan harus melaksanakan protokol kesehatan," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penangganan Covid-19 Kabupaten Bogor Syarifah Sopiah Dwikorawati kepada wartawan, Selasa (9/6/2020).

Dia menambahkan, Tim Gugus Tugas Penangganan Covid 19 juga akan memastikan pihak pengelola Metland Mall Cileungsi menandatangani komitmen pelaksanaan operasional sesuai protokol kesehatan dan mau bertanggung jawab terhadap dampak kesehatan serta keamanan pengunjung maupun pekerja mal.

"Kami saat ini menunggu pembaharuan surat permohonan beroperasi kembali di masa pandemic covid 19 yang tadinya ditujukan ke Dinas Perdagangan dan Perindustrian  lalu dikirim lagi ke Tim Gugus Tugas Penangganan Covid 19 Kabupaten Bogor, kemudian pemgelola Metland Mall Cileungsi juga harus melengkapi dengan pernyataan komitmen melaksanakan operasional sesuai protokol kesehatan  serta mau bertanggung jawab terhadap keamanan kesehatan pengunjung dan pekerja yang berada di lokasi usaha mereka," tambahnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Nuradi membantah jajarannya sudah memberikan izin lisan operasional kembali Metland Mall Cileungsi.

"Tidak ada pemberian izin lisan operasional kembali Metland Mall Cileungsi seperti yang mereka ungkapkan kemarin. Kejadian sebenarnya mereka awalnya mengajukan permohonan ke kami, tapi saya berikan info bahwa pengajuannya harus ke Ketua Tim Gugus Tugas Penangganan Covid-19 Kabupaten Bogor yaitu Bupati Bogor Ade Yasin," kilah Nuradi.

Dia menuturkan, Selasa (9/6/2020) sore ini pihaknya juga akan memberikan saran-saran teknis operasional kembali Metland Mall Cileungsi sesuai Peraturan Menteri Kesehatan, Peraturan Gubernur Jawa Barat maupun Peraturan Bupati Bogor.

Sementara itu, Zaelani selaku salah satu pengelola Metland Mall Cileungsi mengakui pihaknya belum mengantongi izin beroperasi kembali di masa pandemic Covid-19. Namun, dia menjelaskan jajarannya sudah mengantongi izin lisan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor.

"Kata Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor, kami boleh-boleh saja beroperasi kembali namun kami diminta untuk melaksanakan protokol kesehatan dan lainnya sesuai Peraturan Menteri Kesehatan hingga Peraturan Bupati Bogor nomor 35 Tahun 2020, kalau untuk izin tertulis kami menunggu persetujuan Tim Gugus Tugas Penaggganan Covid-19 Kabupaten Bogor," ungkap Zaelani. (Reza Zurifwan)