Robert Alberts Tak Sepakat Liga Tanpa Degradasi dan Digelar di Pulau Jawa

Robert Alberts Tak Sepakat Liga Tanpa Degradasi dan Digelar di Pulau Jawa
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts menyatakan ketidaksetujuannya dengan rencana PSSI untuk tidak menerapkan sistem degradasi jika Liga 1 kembali dilanjutkan. Termasuk dengan pertandingan yang difokuskan di pulau Jawa.

Pelatih asal Belanda ini menilai rencana itu bukan menjadi ciri khas dari kompetisi. Terutama soal ketentuan tidak adanya sistem degradasi.

"Saya pikir degradasi merupakan hal yang sangat penting bagi klub agar berjuang untuk sesuatu. Apakah itu berada di puncak atau menghindari jatuh ke dasar klasemen," ujar Robert saat dihubungi, Selasa (9/6/2020).

Tak hanya itu, sistem degradasi memiliki peran yang sangat penting bagi Liga 2 atau kasta dibawahnya. Sebab dengan degradasi, maka peserta Liga 2 mendapatkan jatah untuk promosi ke Liga 1.

"Itu juga penting untuk tim-tim yang berada di Liga 2. Harus ada sesuatu yang memacu mereka untuk berjuang ke Liga 1," tegasnya.

Pelatih berusia 64 tahun ini pun mengaku keberatan mengenai rencana PSSI untuk memusatkan pertandingan di Pulau Jawa. Menurutnya hal itu tidak adil bagi beberapa klub lainnya terutama yang berada di luar pulau Jawa.

"Bagaimanapun, dilihat dari sudut pandang jika seluruh kompetisi dihelat hanya di Jawa, tentu itu tidak adil untuk sejumlah klub, karena mereka harus pergi dari tempat mereka untuk waktu yang sangat panjang," jelasnya.

Apalagi, lanjutnya, PSSI juga berencana tidak mengizinkan klub untuk disaksikan penonton. Sebab pandemi virus Corona (COVID-19) ini belum benar-benar berakhir.

"Tapi situasinya mulai terkendali saat ini. Diharapkan masyarakat bisa kembali normal dan bukan normal baru. Dan saya rasa Stadion akan dibuka kembali dan itulah waktunya semua orang bermain lagi di lingkungan mereka dan home stadium (kandang)," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)