Pemkot Mulai Cek Kesiapan Mal di Kota Bogor

Pemkot Mulai Cek Kesiapan Mal di Kota Bogor
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau kesiapan Bogor Trade Mall (BTM), Kecamatan Bogor Tengah. Hasilnya, Bima memberikan banyak catatan penting untuk perbaikan BTM yang harus dipenuhi sebelum mal tersebut beroperasi kembali.

Sebelum mengecek bagian dalam mal, Bima mengecek kesiapan pintu masuk mal. Sudah ada tempat antrean yang diberikan tanda jaga jarak serta wastafel untuk mencuci tangan.

"Itu membutuhkan kordinasi yang rapi ada beberapa orang yang ditugaskan untuk mengatur itu. Ada beberapa yang kami lihat perlu diperbaiki dan kami berdiskusi dengan pengelola pihaknya akan memberikan waktu untuk melengkapi itu semua, barangkali tidak terlalu cepat juga," kata Bima usai peninjauan, Selasa (9/6/2020).

Bima melanjutkan, begitu kesiapan itu sudah ada nanti tim dari Pemkot Bogor turun kembali mengecek. Akan dicocokan lagi yang saran mana saja yang dipenuhi, apabila belum ditunda lagi pembukaannya. Tapi apabila kemudian ternyata semua sudah siap, maka berlakulah masa ujicoba selama satu minggu, kalau masa ujicoba itu berjalan dengan baik, harus dilanjutkan ujicoba berikutnya.

"Tapi memang yang diperhatikan pada tahap pertama ini adalah pembatasan kapasitas. Jadi mal ini dalam keadaan biasa hampir bisa menampung 15 ribu orang, kami minta supaya tidak lebih dari tujuh ribu pengunjung untuk awal, tidak lebih dahulu atau tidak di atas 50 persen dahulu. Dilakukan secara bertahap," tambahnya.

Bima menjelaskan, semua mal akan dicek dan dievaluasi dengan modul yang seperti ini, seperti Yogya Junction, Botani termasuk juga Lippo Sukasari dan setiap hari akan dicek semuanya. Pasti akan diturunkan petugas gabungan juga dari pihak pengelola ada alat pengamanannya nanti dari TNI dan Polri.

Sementara itu, Direktur Utama BTM Samuel Koshan mengatakan pihaknya berusaha lokasinya sebagai tempat aman dan wadah ekonomi tetap menjaga kesehatan, berkoordinasi dengan pusat belanja Indonesia. (Rizki Mauludi)