Pekan Depan, 3 Petinggi Sunda Empire Disidangkan

Pekan Depan, 3 Petinggi Sunda Empire Disidangkan
Panitera Muda Pidana Umum PN Bandung Deni Saptana/foto: INILAH/Ahmad Sayuti

INILAH, Bandung- Pengadilan Negeri (PN) Bandung menerima pelimpahan berkas tiga petinggi Sunda Empire. Sidang rencananya digelar pekan depan. 

Panitera Muda Pidana Umum PN Bandung Deni Saptana membenarkan telah dilimpahkannya kasus dugaan oenyebaran berita bohong dengan nama Sunda Empire.

"Berkasnya baru saja masuk, baru diinput ke SIPP ( Sistem Infornasi Penelusuran Perkara)," katanya saat ditemui di PN Bandung, Jalan RE Martadinata, Rabu (10/6/2020). 

Ia menjelaskan, berkas sudah diregister dengan nomor perkara 471/Pid.Sus/2020/PN.bdg, atasnama Nasri Banks, Rd Ratnaningrum, dan Ki Ageng Rangga Sasana. 

Deni menyebutkan, untuk penetapan majelis dan jadwal sidang belum keluar. Lantaran berkasnya baru masuk dan baru akan diajukan ke ketua PN. 

"Kendati begitu, biasanya kalau berkas sudah masuk. Persidangan kemungkinan pekan depan sudah diselenggarakan," ujarnya. 

Para terdakwa disangkakan tiga pasal, yakni kesatu Pasal 14 ayat (1) Jo pasal 55, pasal 14 ayat (2) Jo Pasal 55, dan ketiga pasal 15 Jo pasal 55, yakni tentang penyebaran berita bohong. 

Dari hasil penelusuran di SIPP,  disebutkan terdakwa satu Nasri Banks bersama-sama terdakwa dua Rd Ratnanningrum, dan terdakwa tiga Ki Ageng Rangga Sasana pada tanggal 20 Maret 2019 sampai dengan tanggal 27 Desember 2019 atau setidak-tidaknya pada suatu waktu dalam Tahun 2019 bertempat di Hotel Isola Resort Jalan Dr. Setiabudi No. 299 Kota Bandung atau setidak-tidaknya pada suatu tempat  dalam daerah hukum Pengadilan Negeri Bandung, yang berwenang memeriksa dan mengadili perkaranya,  mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan dan yang turut serta melakukan perbuatan, dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran dikalangan rakyat.  (ahmad sayuti)