Masa Berlaku SIM Habis Hingga 29 Mei 2020? Tenang Ada Dispensasi!

Masa Berlaku SIM Habis Hingga 29 Mei 2020? Tenang Ada Dispensasi!
ilustrasi

INILAH, Bandung - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat memberikan dispensasi bagi masyarakat, yang memiliki masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) habis pada 17 Maret hingga 29 Mei 2020. Mereka diberikan kelonggaran memperpanjang masa berlaku SIM hingga tanggal 31 Juli 2020.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga, mengatakan dispensasi tersebut berdasarkan Surat Telegram Kapolri yang ditanda tangani Kakorlantas Polri Irjen Istiono pada tanggal 9 Juni 2020.

Menurutnya, Berdasarkan analisa dan evaluasi jumlah pendataan penerbitan SIM bulan Maret sampai Mei 2015 serta perkembangan situasi adanya peningkatan tajam jumlah antrian peserta peserta SIM di beberapa Satpas, perlu dilaksanakan perpanjangan dispensasi penerbitan SIM.

"Untuk itu ada Polda yang tidak diberikan dan ada pula Polda yang diberikan perpanjangan dispensasi penerbitan SIM. Polda Jabar diberikan perpanjangan dispensasi selama 1 (satu) bulan yaitu dari 1 Juli 2020 sampai dengan 31 Juli 2020," ucap Erlangga dalam keterangan persnya, Rabu (10/6/2020).

Meski begitu, Erlangga memastikan, semua Polres di wilayah hukum Polda Jabar, diwajibkan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalan pelayanan perpanjangan maupun pembuatan SIM baru.

"Harus dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19," pungkas Erlangga. (Ridwan Abdul Malik)