Besok, Ratusan Santri yang Keluar Kabupaten Cirebon Akan Jalani Swab Test

Besok, Ratusan Santri yang Keluar Kabupaten Cirebon Akan Jalani Swab Test
Bupati Cirebon Imron. (Maman Suharman)

INILAH, Cirebon - Untuk mencegah penularan covid-19 dari ribuan santri asal Kabupaten Cirebon, besok (Kamis, red) Pemkab Cirebon akan melakukan tes swab. Rencanana, ada sekitar 500 santri yang akan kembali ke pesantren di daerah jawa tengah dan Jawa Timur, akan diperiksa kesehatannya. Demikian dikatakan Bupati Cirebon, Imron, Rabu (10/6/2020)

"Hasil rapat ditetapkan, bahwa santri yang akan berangkat ke luar cirebon harus di tes swab dulu. Ini untuk mencegah penularan covid-19 di daerah yang mereka tinggal nantinya," kata Imron.

Menurut Imron, upaya tersebut bentuk kepedulian Pemkab Cirebon terhadap masyarakat, yang akan melakukan aktifitas dalam kurun waktu yang lama. Pemkab ungkapnya, terus bergerak memantau semua pergerakan secara masif. 

"Ini bentuk kepedulian Pemkab Cirebon memantau pergerakan masyarakat yang akan meninggalkan kabupaten. Dengan adanya surat sehat bebas covid-19 sangat membantu mereka ke tempat mereka tinggal nanti," ungkapnya.

Sementara Jubir Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Cirebon, Nanan Abdul Manan menyebutkan, saat ini ada sekitar 20 ribu santri yang ada di Kabupaten Cirebon. Sedangkan santri yang akan meninggalkan lagi Kabupaten Cirebon, ada 8 ribuan santri. Pihaknya akan terus berusaha, melakukan swab kepada mereka, supaya nanti diterima di pesantren masing-masing.

"Ada delapan ribuan santri  yang terus kami pantau karena akan meninggalkan kabupaten cirebon. Mudah mudahan semuanya tidak lewat dari test swab," tukas Nanan. (maman suharman)