Pemeriksaan di Balkot Bogor Diperketat, Semua Perkantoran Disemprot Disinfektan

Pemeriksaan di Balkot Bogor Diperketat, Semua Perkantoran Disemprot Disinfektan
Foto: Rizki Mauludi

NILAH, Bogor - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memperketat protokol kesehatan di lingkungan Balai Kota Bogor pada Rabu (10/6/2020). Selain itu semua perkantoran di lingkungan Balai Kota Bogor disemprot desinfektan oleh tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor.

Akses pintu masuk Balai Kota Bogor yang semula ada dua pintu saat ini hanya ada satu pintu sebagai tempat keluar masuk. Kepada kendaraan yang datang pengemudi juga penumpangnya dilakukan pengecekan suhu tubuh di depan pintu masuk. Disediakan juga bilik desinfektan dan wastafel untuk mencuci tangan.

Saat dikonfirmasi apakah pengetatan protokol kesehata karena adanya PNS yang positif Covid-19, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Dedie A Rachim menjelaskan, bawha perketatan tersebut untuk persiapan waspada Covid-19.

"Untuk mengingatkan kita semua perlunya waspada karena pandemi Covid-19 belum selesai. Jadi harus tetap waspada," ungkap Dedie kepada wartawan.

Dedie melanjutkan, mengenai adanya ASN yang positif Covid-19, saat ini sudah ada lebih dari delapan orang ASN. Namun sebagian besar telah sembuh dan hasil swab tesnya sudah negatif.

"Sebagian besar sudah sembuh dan sebagian lagi masih karantina, jadi pola ini ingin kami terapkan dalam menghadapi persiapan new normal. Ini menimbulkan kebutuhan pengecekan-pengecekan keamanan saat masuk gedung," terangnya.

Diketahui, tim BPBD Kota Bogor melakukan penyemprotan desinfektan ke seluruh ruangan perkantoran Balai Kota Bogor, alhasil para ASN sempat meninggalkan ruang kerjanya sementara untuk menunggu penyemprotan. Tim penyemprotan dipimpin oleh salah satu danru di BPBD Maruli Sinambela.