Fitur 'Denoiser' di Google Meet Akan Gunakan AI

Fitur 'Denoiser' di Google Meet Akan Gunakan AI
istimewa

INILAH, San Francisco - Google menjelaskan lebih detail mengenai fitur pengurang kebisingan (noise cancellation) untuk layanan konferensi video Google Meet, yang sebelumnya sudah mereka umumkan pada April lalu.

Product Management Director of G Suit Serge Lachapelle menjelaskan bahwa fitur yang dinamai 'denoiser' itu menggunakan pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan (AI) untuk menekan suara dari luar, bukan suara pembicara, selama panggilan video.

Sejumlah suara, seperti suara saat menulis dengan pena atau membuka kotak makan dan menuang air dalam gelas, tidak akan masuk dalam panggilan video.

Tak hanya itu, Lachapelle menyebut bahwa fitur itu juga ideal untuk memblokir suara anak-anak, hewan peliharaan, dan peralatan rumah tangga, seperti penyedot debu.

Secara keseluruhan fitur tersebut masih dalam proses pengembangan. Google juga menyediakan enkripsi ujung ke ujung (end-to-end) untuk Google Meet, dan proses penyaringan suara tersebut dilakukan di server Google selama panggilan berlangsung dan dikirim kembali ke pengguna.

Fitur untuk mengurangi kebisingan itu akan rilis di situs pelanggan Google Meet pada akhir bulan ini, diikuti oleh aplikasi Android dan iOS, demikian laporan GSM Arena. (inilah.com)