Siemens Akuisisi Perusahaan Layanan Jasa Swedia

Siemens Akuisisi Perusahaan Layanan Jasa Swedia
istimewa

INILAH, Bandung-Siemens telah berhasil mengakuisisi perusahaan layanan jasa dan perangkat lunak asal Swedia, Vizendo AB yang berpusat di Gothenburg.

Vizendo merupakan penyedia pelatihan virtual terkemuka untuk manufaktur otomotif. Pelatihan virtual memungkinkan perusahaan industri untuk mengurangi waktu pelatihan mereka dan mempercepat peluncuran produk baru dengan kualitas yang lebih tinggi. Akuisisi ini mulai berlaku pada 1 Juni 2020.

“Pelatihan virtual memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar. Layanan jasa dan perangkat lunak Vizendo secara ideal melengkapi layanan digital kami dan juga portofolio Digital Enterprise perusahaan,” tegas Karen Florschütz, CEO Unit Bisnis Layanan Pelanggan dalam siaran pers yang diterima INILAH, Kamis (11/6/2020).

“Inilah cara kami untuk secara efektif mendukung para pelanggan - mulai dari persiapan hingga awal produksi hingga optimalisasi berkelanjutan. Kemampuan untuk melatih karyawan mereka secara virtual dalam setiap fase dan dari mana saja secara signifikan dapat meningkatkan fleksibilitas pelanggan kami sekaligus mengurangi upaya dan biaya," tambahnya.

Erik Gustafsson, CEO Vizendo, menuturkan pihaknya dapat mengeksplorasi potensi penuh dari teknologi inovatif dan keahlian pelatihan virtual Vizendo.

"Kehadiran global Siemens dan pengetahuan industri yang luas akan memastikan bahwa pelanggan kami saat ini dan di masa depan mendapat manfaat dari solusi inovatif dan terintegrasi dengan baik," ucapnya.

Vizendo telah menjadi penyedia layanan jasa dan perangkat lunak untuk Virtual Operator Training (VOT) sejak 2004. Dihasilkan langsung dari data CAD/PLM milik pelanggan sendiri, layanan ini memberikan manfaat yang cukup besar dalam bentuk model bisnis Software-as-a-Service (SaaS).

Lebih dari 70 persen pelanggan Vizendo menggunakan data CAD/PLM dengan solusi Siemens Teamcenter. Fokusnya adalah pelatihan produksi, pemeliharaan dan perbaikan, serta pelatihan induksi dan pemantauan kualifikasi. Mayoritas pelanggan berasal dari industri otomotif, tetapi pelanggan dari industri lain, seperti dirgantara, juga sangat diuntungkan oleh perangkat lunak ini 

Akuisisi ini mulai berlaku pada 1 Juni 2020. Dengan demikian, Vizendo adalah 100 persen anak perusahaan dari Siemens AB, Swedia. Dengan 23 perancang perangkat lunak dan teknisi pelayanan, Vizendo akan diintegrasikan ke dalam Unit Bisnis Layanan Pelanggan dari Digital Industries.