Masa Penerapan AKB di Jabar, Kapolda Tegaskan Polisi Tidak Akan Memberikan Izin Keramaian

Masa Penerapan AKB di Jabar, Kapolda Tegaskan Polisi Tidak Akan Memberikan Izin Keramaian
istimewa

INILAH, Bandung - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi memastikan sementara pihaknya tidak akan mengeluarkan izin keramaian, meski tengah dilakukannya penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Artinya, kegiatan demonstrasi ataupun konser musik belum dapat diizinkan.

Hal itu disampaikan, Kapolda Rudy usai menghadiri pembagian 3.000 paket sembako dan 100.000 masker dari alumni Akabri-89 di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kamis (11/6/2020).

"Belum bisa (konser musik, demo, dll) jangan dulu di lakukan," ucap Rudy.

Rudy menjelaskan, larangan tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, hingga saat ini vaksin dari virus corona atau Covid-19 belum ditemukan. Artinya, tidak menutup kemungkinan kerumunan massa akan berpotensi menambah angka penyebaran virus corona.

"Kita belum temukan vaksinnya, protokol kesehatan diutamakan. New normal yang baik ekonomi berjalan tetapi tetap menjaga protokol kesehatan," ungkap Rudy.

Ditemui ditempat yang sama, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga menambahkan, kegiatan yang boleh dilakukan menuju new normal, yaitu kegiatan yang dapat meningkatkan produktifitas masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

"Untuk demo dan konser musik, kita belum dapat berikan izin. ‎Prioritas, yang mengedepankan produktivitas masyarakat," pungkas Erlangga. (Ridwan Abdul Malik)