Pemkab Bandung Lakukan Tes Massal Covid-19 bagi Pedagang Pasar Banjaran

Pemkab Bandung Lakukan Tes Massal Covid-19 bagi Pedagang Pasar Banjaran

INILAH,Bandung- Pemerintah Kabupaten Bandung melakukan tes massal Covid-19 di Pasar Banjaran, Kamis (11/6/2020). Rapid test ditargetkan untuk dilakukan ke 200 pedagang dan pegawai pasar. Pantauan INILAH KORAN, hingga Kamis siang, sedikitnya 150 pedagang pasar telah dilakukan dites. Hasilnya, dua orang reaktif Covid-19.  "Sampai siang ini sudah 150 orang yang dites. Hasilnya dua orang reaktif," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Grace Mediana.

Menurut Grace, kedua orang yang dinyatakan reaktif itu langsung diarahkan untuk melakukan swab test. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasilnya mengarah ke positif atau hanya false positif."Karena yang reaktif belum tentu positif Covid-19. Makanya diarahkan untuk swab test atau tes usap," ujarnya.

Grace juga menyarankan agar kedua orang yang reaktif itu untuk melakukan isolasi mandiri di rumah sambil menunggu hasil swab test.  Selain itu, swab test juga dilakukan kepada 50 orang pedagang dan pegawai pasar yang berisiko tinggi terpapar Covid-19. Mereka adalah orang yang berusia 50 tahun ke atas.

Semantara itu tes massal akan terus digencarkan di sejumlah pasar di Kabupaten Bandung. Tes digelar, kata dia, untuk mendeteksi dini penyebaran Covid-19 di lokasi-lokasi yang sering dijadikan tempat keramaian. Salah satunya pasar."Setelah Banjaran, minggu depan akan kami lakukan tes di Pasar Ciwidey. Pekan depannya lagi di Pangalengan," ujarnya.

Seperti diketahui, tes massal covid-19 sebelumnya sudah dilakukan di sejumlah pasar. Seperti Pasar Baleendah, Pasar Cicalengka, dan dua pasar di Kecamatan Majalaya.  Meski hasil sempat menunjukkan beberapa orang reaktif, namun setelah ditindaklanjuti dengan swab test, sejumlah orang itu dinyatakan negatif.(rd dani r nugraha/ghi).