Rumah Sakit Advent Bandung Gelar Rapid Test bagi Aparatur Negara

Rumah Sakit Advent Bandung Gelar Rapid Test bagi Aparatur Negara
Rumah Sakit Advent Bandung Gelar Rapid Test bagi Aparatur Negara

INILAH, Bandung,- Rumah Sakit (RS) Advent Bandung berkomitmen membantu pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19 di Indonesia, khususnya di Jawa Barat dan terlebih di kota Bandung.

Direktur Utama RS Advent Dr. Roy David Sarumpaet, dr. Sp. THT-KL, MMRS mengatakan, pihaknya telah melakukan kegiatan rapid test bagi aparatur negera dan petugas lain yang memiliki risiko tertular COVID-19, sebab mereka berhadapan langsung dengan masyarakat, seperti, petugas kepolisian dan petugas kecamatan.

"Kami sudah menyiapkan pemerikasaan bagi petugas itu, dalam hal melakukan rapid test. Bukan itu saja, kami juga lakukan kepada pemuka agama, karena mereka akan memimpin ibadah mereka dan tidak menularkan kepada anggota dan jemaah. Semoga apa yang kami lakukan, bermanfaat bagi masyarakat dan bisa membantu pemerintah," tutur Dr. Roy, Kamis (11/6/2020).

Dia menambahkan mereka yang rentan terhadap Covid-19 yakni diluar petugas rumah sakit, karena mereka juga berhadapan langsung dengan masyarakat. "Kita tahu, sekarang masyarakat mana yang orang tanpa gejala (OTG), mana yang orang dalam pemantauan (ODP) dan mana yang pasien dalam pengawasan (PDP). Itu sangat sulit untuk memilah, mana orang yang positif sekali berbicara seperti saya berbicara ini, satu menit itu husa 30-50 virus yang terlempar keluar, apalagi kalau batuk atau bersin," imbuhnya.

Dia berharap kedepan, pihaknya terus bisa berkolaborasi dengan masyarakat dan masyarakat menjadikan rumah sakit sebagai teman untuk mengatasi penyakit yang ada di Bandung dan Jawa Barat."Masukannya adalah tetap melakukan aktivitas yang dilakukan pemerintah jaga jarak, gunakan masker, cuci tangan dan kalau berkumpul usahakan jangan ditempat terturup karena ventilasi itu akan membawa virus terbang.
Berkumpul juga jangan lama-lama, seperlunya. New normal tapi tetap pakai APD," imbuhnya.

Kapolsek Sukajadi Kompol Marsellinus Firdaus menambahkan pihaknya berterimakasih kepada RS Advent Bandung yang telah membantu dalam melaksanakan rapid test ini, khususnya ke-15 anggota kepolisian yang mana memang selalu berurusan dengan masyarakat.

"Kita perlu cek diri kita sendiri. Kalau di Polsek baru sekali, tapi di Polres dua kali, tapi tidak semua. Hasilnya bagus, saya juga sudah lakukan rapid tes dan swab," imbuh Marsellinus. (Okky Adiana).