Liga Spanyol Ancam Karantina Pemain yang Langgar Panduan Kesehatan

Liga Spanyol Ancam Karantina Pemain yang Langgar Panduan Kesehatan
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Presiden Liga Spanyol Javier Tebas mengatakan para pemain dapat dipaksa melakukan karantina saat musim dilanjutkan kembali, menyusul adanya laporan bahwa pemain Barcelona Nelson Semedo melanggar panduan kesehatan.

Barcelona mengatakan pada Kamis bahwa bek asal Portugal Semedo "tidak berlatih sesuai protokol yang ditetapkan Liga Spanyol."

Hal itu terjadi setelah muncul laporan di Spanyol bahwa ia menghadiri pertemuan yang diikuti lebih dari 20 orang di Castelldefels, resor di pinggir ibu kota Katalan. Hal tersebut menentang regulasi di Spanyol.

Selain itu sebanyak empat orang pemain Sevilla belakangan berfoto bersama saat menghadiri pesta barbecue, dan insiden-insiden itu menimbulkan tuntutan agar tim-tim melakukan karantina di antara pertandingan-pertandingan untuk mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19.

"Saya menyadari bahwa (pemain yang terlibat) semua kasus itu telah dicoret, setidaknya dari latihan dan saya menyadari bahwa sejumlah klub juga telah mengambil pendekatan disiplin,"kata Tebas seperti dikutip AFP.

"Namun jika hal itu terus terjadi, kami akan terpaksa melakukan sesuatu yang tidak ingin kami lakukan, yakni menerapkan kewajiban karantina."

"Mudah-mudahan kami tidak perlu melakukannya, namun jika pemain masih melakukan barbecue dan pesta-pesta, kami akan harus mempertimbangkan melakukan kebijakan karantina," tambahnya.

Sevilla akan Real Betis akan bertemu pada Kamis setempat atau Jumat dini hari WIB yang merupakan laga perdana Liga Spanyol sejak kompetisi ditangguhkan pada pertengahan Maret. Barcelona, yang memuncaki klasemen dengan keunggulan dua poin atas Real Madrid baru akan kembali bermain pada Sabtu dengan meladeni Mallorca.

Protokol kesehatan yang tetap telah diterapkan untuk pertandingan-pertandingan Liga Spanyol, salah satunya hanya mengizinkan 270 orang yang berada di dalam stadion.

Semua pemain harus menjalani tes Covid-19 sebelum pertandingan, dan akan harus tiba dengan mengenakan masker dan sarung tangan, serta akan diperiksa suhu tubuhnya sebelum memasuki stadion.

"Ini merupakan hari yang benar-benar penting, kami kembali berada di depan para penggemar di seluruh dunia. Namun saya akan sangat puas ketika kompetisi ini telah selesai," tambah Tebas.

Tebas juga mengonfirmasi bahwa Liga Spanyol berniat memulai musim depan pada 12 September, sedangkan bursa transfer di Spanyol diperkirakan akan berlangsung pada akhir Juli sampai awal Oktober.

"Saya yakin bahwa akan ada konsensus, setidaknya di antara liga-liga besar, untuk mengakhiri beberapa pekan sebelum fase grup Liga Champions dimulai, yang akan dilakukan pada Oktober tahun ini, dan menurut saya itu akan dibuka saat kompetisi-kompetisi domestik selesai pada akhir Juli," pungasnya. (antara)