Penularan Covid-19 di Kab Bogor Tak Kunjung Melandai, Ada 19 Kasus Positif Baru

Penularan Covid-19 di Kab Bogor Tak Kunjung Melandai, Ada 19 Kasus Positif Baru
Bupati Bogor Ade Yasin. (Reza Zurifwan)

INILAH, Bogor - 19 orang warga Kabupaten telah terpapar wabah virus corona (covid 19) selama dua hari terakhir. hal itu dikatakan Ketua Tim Gugus Tugas Penangganan Covid 19 Kabupaten Bogor, Ade Yasin dalam keterangan rilisnya.

"Hari Rabu ada 8 orang yang terpapar wabah covid 19 sementara hari ini jumlah warga yang terpapar ada 11 orang, hingga selama dua hari ini  ada 19 kasus baru penyebaran wabah ini," kata Ade kepada wartawan, Kamis (11/6).

Wanita yang menjabat sebagai Bupati Bogor sejak akhir tahun 2018 lalu ini menerangkan dari 19 orang yang telah terpapar wabah vovid 19 tersebut, hanya 1 orang yang berasal dari kuning yaitu pria berusia 63 tahun asal Kecamatan Nanggung.

"18 orang yang terpapar wabah covid 19 iti ada warga Gunung Putri sebanyak 4 orang, warga Kecamatan Cibinong, Bojonggede, Tajur Halang dan Cileungsi masing - masing  sebanyak 2 orang, serta warga Kecamatan Jonggol, Citeureup, Leuwiliang, Leuwisadeng dan Tamansari masing - masing sebanyak 1 orang. Untuk pasien wabah covid 19 yang baru terpapar Rabu kemarin hari kamis ini telah meninggal dunia," terangnya.

Ade menuturkan hingga hari ini ada 273 kasus penyebaran wabah covid 19, dimana 56 orang telah sembuh, 16 orang telah meninggal dunia, 199 orang lainnya masih menjalani perawatan dan 2 orang lainnya telah berganti data kependudukan ke luar Kabupaten Bogor.

Ibu dua orang anak ini menjelaskan dengan adanya warga Kecamatan Nanggung yang terpapar wabah covid 19, maka ada 26 kecamatan yang termasuk atau pernah menjadi zona merah penyebaran wabah covid 19.

"Wabah covid 19 telah menyebar ke 26 kecamatan yaitu Cileungsi, Gunung Putri, Cariu, Sukamkmur, Jonggol, Klapanunggal, Citeureup, Babakan Madang, Cibinong, Bojonggede, Tajur Halang, Ciseeng, Kemang, Gunung Sindur, Rumpin, Parungpanjang, Leuwisadeng, Leuwiliang, Ciampea, Ciomas, Tamansari, Caringin, Ciawi, Cigombong dan Nanggung. Namun dengan sembuh atau meninggalnya pasien wabah covid 19 asal Parungpanjang, Ciawi, Kemang dan Nanggung maka 4 kecamatan tersebut sudah tidak lagi menjadi zona merah penyebaran wabah covid 19," jelasnya.

Wanita berusia 52 tahun ini melanjutkan bahwa hari ini jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP)  ada 248 orang, sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 309 orang.

"Jumlah ODP dan PDP ini ada peningkatan sedikit yaitu jika kemarim jumlah ODP ada 247 orang hari ini bertambah menjadi 248 orang, lalu jika jumlah PDP kemarin 302 orang maka hari ini naik menjadi 309 orang. Untuk jumlah PDP yang telah meninggal dunia masih di angka 117 orang," lanjut Ade. (Reza Zurifwan)