PT.LMS Bakal Hijaukan Tol Cipali

PT.LMS Bakal Hijaukan Tol Cipali

INILAH, Subang,- Lahan di sepanjang sisi jalur Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), sampai saat masih terlihat gersang. PT Lintas Marga Sedaya (LMS), yang dalam hal ini merupakan pemegang konsesi jalur bebas hambatan terpanjang itu berencana menggalakan penghijauan di lokasi tersebut.

Dalam upaya recoveri lahan tersebut, PT LMS juga turur menggandeng LIPI. Mengingat, kedepan lahan di ruas jalur tol ini akan juga dikembang taman pranaraksa.

Komisaris Utama PT LMS, Wiwiek D Santoso, mengatakan, sebenarnya sepanjang sisi jalur tol tidak begitu gersang. Dia mengklaim, ada beberapa titik yang terlihat sudah ditanami pohon peneduh. Namun, dia pun tak menampik, jika jumlah pohonnya masih kurang.

"Makanya, kami akan galakan penghijauan kembali. Untuk tahap awal, kami akan tanam 6.000 batang pohon yang ditanam di lahan sepanjang sisi jalan tersebut," ujar Wiwiek kepada INILAH.

Pihaknya pun mengakui, jika sampai saat ini masih banyak lahan kosong yang belum termanfaatkan dengan baik. Karena itu, kedepan perusahaannya akan fokus pada penghijauan jalur bebas hambatan. "Kami juga menggandeng beberapa perusahaan dari grup Astra motor," jelas dia.

Untuk pohon yang akan ditanam di jalur itu, sambung dia, bukan hanya jenis pohon keras, tapi juga jenis pohon produktif. Semisal buah dan bunga.

Adapun pepohonan yang akan ditanam ini merupakan pohon buah yang langka. Seperti, pohon sirsak rowo, sawo kecik, kawista, cempedak, jambu bol, sawo citali, rambutan parakan, matoa, jamblang merah, dan jambu mete. Sedangkan, pohon jenis bunganya yaitu tabebuya, bougenvillle, dan lainnya.

Dengan penghijauan ini, lanjutnya, diharapkan bisa berdampak positif terhadap para pengendara yang melintasi jalur ini. Selain itu, pepohonan ini bisa menyerap polusi yang terjadi di udara akibat dari pembakaran mesin kendaraan.

Selain penghijauan, perusahaannya pun akan membuat bank bibit dan bank pohon. Tahap selanjutnya, pepohonan itu masuk data base dan dokumentasi. Lalu, fase terakhir area hutan itu menjadi pusat keanekaragaman hayati.

"Kita bersinergi dengan Astra grup, maka penghijauan ini akan merujuk pada trade mark Astra. Kedepan, Cipali tak hanya hijau, melainkan akan kita hutankan," tambah dia.

Sementara itu, Head of Environment and Social Responsibility Division PT Astra Internasional Tbk, M Riza Deliansyah, mengatakan, memelihara lingkungan, khususnya di daerah pembangunan Cipali, dengan cara menanam pohon bisa mengurangi dampak pemanasan global. Karena itu, pepohonan yang akan ditanam ini nantinya bisa memberi manfaat yang luar biasa.

"Tak hanya menyerap zat beracun dari gas karbon monoksida dan brlerang dioksida, pepohonan ini bisa mencegah banjir dan tanah longsor," ujar Riza singkat.(*)