ASN Purwakarta Mulai Distribusikan Bantuan Covid Hasil ‘Rereongan’

ASN Purwakarta Mulai Distribusikan Bantuan Covid Hasil ‘Rereongan’
istimewa

INILAH, Purwakarta - Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, belum lama ini mengeluarkan intruksi untuk seluruh pegawai pemerintahan yang berstatus aparatur sipil negara (ASN). Kali ini, meminta supaya para abdi negara ini turut bergandengan tangan untuk membantu menangani dampak sosial di masyarakat akibat wabah Covid-19.

“Para pegawai di lingkungan Pemkab Purwakarta telah menguatkan komitmen untuk turut membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19,” ujar Anne kepada INILAH, Jumat (12/6/2020).

Anne mengklaim, sejauh ini jajaran pemerintahannya turut berjibaku untuk melakukan serangkaian upaya penanggulangan. Terutama, dampak dari penyebaran wabah virus tersebut. Bahkan, kata dia, upaya pencegahan ini juga dilakukan secara 'guyub' bersama seluruh lapisan masyarakat, tanpa terkecuali jajaran pegawai pemerintahan.

Anne menjelaskan, khusus di lingkungan pemerintahan khusus di lingkungan pemerintahan pihaknya telah menguatkan komitmen dengan seluruh parangkat yang ada. Salah satunya, melalui kegiatan bakti sosial dengan program rereongan.

Dalam hal ini, para ASN diminta tanggung renteng mensuport untuk membantu masyarakat yang terdampak tapi belum mendapatkan bantuan dari mana pun. Caranya, para ASN yang mendapat tunjangan kerja dinamis (TKD), harus menyumbang kecilnya Rp 100 ribu. Adapun, uang yang terkumpul dari bantuan ASN ini langsung dibelanjakan kebutuhan pokok yang dikemas paketan dan kemudian dibagikan ke masyarakat.

“Program ini sudah mulai berjalan. Pagi tadi, seluruh OPD serentak telah membagikan sumbangan dari hasil rereongan itu yang telah terhimpun di masing-masong dinasnya,” jelas dia.

Anne menambahkan, bantuan hasil rereongan Baksos ASN ini difokuskan untuk dibagikan pada tiga kategori penerima. Masing-masing, jompo, penyandang disabilitas dan anak yatim yang belum tersentuh Bansos dari manapun selama pandemi Covid.

“Baksos ASN ini kita lakukan hingga akhir tahun. Semoga bantuan ini, bisa turut membantu mereka yang terdampak Covid-19,” tambah dia.

Sementara itu, dari pantauan di lapangan, bantuan paket sembako hasil rereongan ASN di Purwakarta ini telah dibagikan oleh masing-masing OPD. Terlihat, masing-masing dinas bertanggung jawab untuk satu wilayah kecamatan. Cara pembagiannya pun terbilang unik. Hal mana, ada dari mereka yang mengantarnya sembari olahraga bersepeda.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta misalnya. Dinas tersebut, bertanggung jawab untuk mendistribusikan bantuan tersebut di wilayah Kecamatan Campaka. Pagi tadi, para pegawainya terlihat membawa tentengan berisi paket sembako untuk diantar ke penerima di wilayah tersebut dengan menggunakan sepeda.

“Alhamdulillah, dari dinas kami terkumpul sekitar 76 paket sembako. Tadi pagi, sudah kami antarkan ke masing-masing penerima di Kecamatan Campaka,” ujar Kadiskominfo Purwakarta, Ida Hamidah.

Terkait data penerima sendiri, sambung Ida, pihaknya merujuk pada data yang diberikan pihak kecamatan. Bantuan ini, kata dia, akan diberikan secara kontinyu hingga akhir tahun. Dengan bantuan ini, diharapkan bisa turut membantu meringankan beban warga yang terdampak wabah corona. (Asep Mulyana)