Soal ‘Surat Sakti’ PPDB, Satgas Saber Pungli Bereaksi

Soal ‘Surat Sakti’ PPDB, Satgas Saber Pungli Bereaksi
istimewa

INILAH, Bandung - Satgas Saber Pungli Jawa Barat menyayangkan adanya surat rekomendasi berkop DPRD Jabar, untuk meloloskan seorang siswa ke SMK Negeri 4 Bandung. Surat Rekomendasi itu dinilai ciderai pelaksaan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahun 2020.

Hal itu disampaikan, Anggota kelompok ahli Satgas Saber Pungli Jabar, M.S.Iriyanto saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (12/6/2020).


"Komentarnya, seandainya surat itu benar, maka saya mewakili Saber Pungli Jabar sangat kecewa ," ucap Iriyanto.

Selain itu, Iriyanto mengungkapkan jelang pelaksanaan PPDB di Jawa Barat, pihaknya sempat melakukan audiensi terkait PPDB dengan Komisi V DPRD Jabar.

"karena itu kami diundang (pernah) tiga kali DPRD Komisi V untuk mensosialisasikan dan membahas PPDB," ungkap Iriyanto.

Bahkan Iriyanto, menambahkan, sempat ada pembahasan terkait surat rekomendasi para anggota dewan dalam pelaksanaan PPDB. Tak tanggung-tanggung, pada saat rapat Ketua Komisi V DPRD Jabar sempat berkomitmen untuk tidak memberikan surat tersebut.

"Pernah di ruangan komisi, ruang sidang, ketika itu pimpinan sidang Ketua Komisi V Pak Abdul Hadi merumuskan atau menyimpulkan bahwasanya DPRD tidak akan memberikan bentuk rekomendasi," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)