Perdana, KA Serayu Pagi ke Arah Purwokerto Angkut 5 Penumpang

Perdana, KA Serayu Pagi ke Arah Purwokerto Angkut 5 Penumpang
istimewa

INILAH, Bandung - Manajer Humas Daop 2 Bandung Noxy Citrea mengatakan, pada hari pertama dioperasikannya kembali KA Serayu Pagi relasi Pasar Senen-Kiaracondong-Purwokerto hanya mengangkut 5 penumpang yang memenuhi syarat sehat Covid-19.

"Hari ini ada 5 penumpang yang berangkat dari Stasiun Kiaracondong menggunakan KA Serayu Pagi ke arah Purwokerto. Sedangkan, untuk KA Serayu Pagi ke arah Pasar Senen penumpangnya belum ada," kata Noxy, Jumat (12/6/2020).

Menurutnya, pada hari perdana pengoperasian kembali KA Serayu Pagi  hanya melayani 5 penumpang yang dinyatakan memenuhi syarat sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 No 7 Tahun 2020 dan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

"Yang datang ke stasiun Kiaracong ada 9 calon penumpang. Ada empat yang tidak diperkenankan melakukan perjalanan karena tidak memenuhi persyaratan yakni surat bebas Covid-19," ujarnya.

Noxy mengatakan, kapasitas angkut KA Serayu Pagi sebanyak 636 tempat duduk. Namun, untuk memenuhi ketentuan maka kapasitas dibatasi hanya 70 persen yang dijual yakni sekitar 445 tempat duduk.

Daop 2 mulai mengoperasikan KA Jarak Jauh pada hari ini Jumat 12 Juni 2020. Total terdapat 3 KA Jarak Jauh yakni KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar pp. Berangkat dari Stasiun Kiaracondong pukul 23.15 WIB. Kemudian, KA Serayu Pagi relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasar Senen berangkat dari Stasiun Kiaracondong pukul 14.06 WIB, dan KA Serayu Pagi relasi Pasar Senen-Kiaracondong-Purwokerto berangkat dari Stasiun Kiaracondong pukul 13.35 WIB

“Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan tiket KA dapat dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA. Sedangkan pelayanan di loket stasiun, hanya melayani penjualan tiket go show atau 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA,” jelas Noxy. (*)