Tangani Covid-19, Kota Bandung Tiru Australia

Tangani Covid-19, Kota Bandung Tiru Australia
istimewa

INILAH, Bandung - Penanganan wabah Covid-19 di Kota Bandung ternyata hampir serupa yang dilakukan Pemerintah Kota Melbourne Australia. Namun ada sejumlah hal yang bisa dicontoh Kota Bandung dari Melbourne. 

Hal itu terungkap saat Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana dan Wali Kota Melbourne, Sally Anne Capp bertukar pikiran mengenai penanganan Covid-19 melalui konferensi video. 

Wali Kota Melbourne, Sally Anne Capp mengatakan, pemerintahnya memberikan bantuan kepada warga yang terkena dampak Covid-19. Mulai dari memberiku bantuan sosial, kebijakan strategis untuk memutus mata rantai sampai hal teknis agar pendemi Covid-19 berakhir.

"Pemerintah pusat membuat kebijakan sampai keputusan demi memberikan yang terbaik, khususnya kesehatan dan ekonomi," kata Anne Capp. 

Pada bidang kesehatan, dia mengungkapkan, Kota Melbourne tengah melakukan akselerasi dalam pengembangan vaksin. Hal tersebut untuk memudahkan ketika ada warga yang terpapar Covid-19. 

"Di sini (Melbourne) punya institusi kesehatan untuk membantu pengambangan vaksin. Selain itu, mereka memberikan masukan sampai cara-cara penanganan mendasar secara real time," ucapnya.  

Akibat pandemi, dia menyebut, sektor pariwisata di Melbourne juga terpaksa memproduksi alat pelindung diri (APD). "Fasilitasi sektor wisata, kita gunakan keahlian untuk menghasilkan APD. Ada beberapa pabrik diubah menjadi pabrik masker dan sebagainya," ujar dia. 

Sedangkan untuk pemulihan kondisi ekonomi dan infrastruktur, dia mempermudah percepatan izin sesuai aturan yang berlaku. "Mengenai izin perencanaan itu dipercepat. Kita melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sampai pembangunannya," ucapnya. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengaku memperoleh informasi yang cukup lengkap tentang penanganan Covid-19. 

"Kami mendapatkan info mengenai suksesnya Melbourne dalam penanganan Covid-19 yang dilakukan di sana," kata Yana. 

Meski Kota Bandung dinilai cukup berhasil mengendalikan Covid-19, namun dia mengaku akan terus berburu ilmu agar pandemi hilang dari Kota Bandung.

Dia berharap, dengan pertemuan virtual itu bisa memberikan pengalaman dari Melbourne yang belum dilakukan Kota Bandung, sehingga jika memungkinkan bisa diterapkan dengan bijak. 

"Mudah-mudahan kita semua bisa bekerja sama terus untuk menyelesaikan wabah ini," ucapnya. (yogo triastopo)