Kembali Dibuka, Terminal di Kota Bandung Tidak Layani Zona Merah

Kembali Dibuka, Terminal di Kota Bandung Tidak Layani Zona Merah
istimewa

INILAH, Bandung - Terminal Leuwipanjang dan Terminal Cicaheum Kota Bandung resmi kembali beroperasi untuk melayani para penumpang per hari ini, Sabtu (13/6/2020).

Kedua terrminal itu, ditegaskan Wali Kota Bandung Oded M Danial menerapkan sejumlah protokol agar calon penumpang dapat menggunakan kendaraan bus ke kota tujuan bukan zona merah.

"Tidak ada bus yang ke zona merah, tidak ada koneksi bus untuk masuk ke zona itu," kata Oded di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung.

Menurut dia, sejak Terminal Leuwipanjang kembali melayani penumpang per hari ini, sedikitnya telah memberangkatkan 20 penumpang ke tiga lokasi tujuan yakni Bekasi, Sukabumi dan Merak.

"Semenatara di Terminal Cicaheum ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur, tidak ke zona merah. Untuk Jawa Barat, itu arahnya ke Selatan dan bukan zona merah," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Ricky Gustiadi mengatakan bahwa lajur bus di dua terminal tersebut hanya diisi sebanyak lima bus untuk setiap trayek.

"Meskipun Kemenhub memperbolehkan sebanyak 70 persen, tetapi Dishub baru memperbolehkan sebanyak 50 persen. Kebijakan ini mengacu kepada Perwal No 32 tahun 2020," kata Ricky. (yogo triastopo)