Alhamdulillah, Pasien Positif Covid di Purwakarta Tinggal Satu Orang

Alhamdulillah, Pasien Positif Covid di Purwakarta Tinggal Satu Orang

INILAH, Purwakarta – Kabar itu terdengar merdu di telinga Anne Ratna Mustika. Bagaimana tidak, siang tadi Bupati Purwakarta itu mendapat laporan cukup menenangkan dari Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 di wilayannya.

Dari laporan itu, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 melansir jika jumlah pasien yang terkonfirmasi positif terus menurun. Tak tanggung-tanggung, penurunannya cukup signifikan di hari ini. Hal mana, lima dari enam pasien positif yang dilangsir hari kemarin, kondisinya membaik dan dinyatakan sembuh.

“Alhamdulillah, ini menjadi kabar yang membahagiakan bagi kami. Dari laporan yang kami terima, pasien yang terkonfirmasi positif covid-19, tinggal menyisakan satu orang saja,” ujar Anne kepada INILAH, Sabtu (13/6/2020).

Menurut Anne, kabar tersebut menjadi suatu yang sangat menggembirakan bagi jajarannya, Karena ternyata kerja keras seluruh pihak, sejauh ini telah membuahkan hasil. Kendati begitu, pihaknya tak bisa begitu saja berbangga hati. Artinya, penyebaran covid-19 harus tetap diantisipasi bersama seluruh lapisan masyarakat.

“Dengan banyaknya yang berangsur sembuh, bukan berarti kita leha-leha. Justru, ini harus menjadi spirit bagi semua pihak untuk terus melakukan upaya pencegahan dan penangan wabah virus tersebut,” jelas dia.

Dalam hal ini Anne berpesan, supaya masyarakat terus menyesuaikan diri dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Seperti, kalau kemana-mana selalu menggunakan masker. Sering cuci tangan pakai sabun dan menerapkan polah hidup bersih dan sehat. Serta, tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, dr Deni Darmawan mengatakan, sejak corona mewabah, secara kumulatif jumlah warga di wilayahnya yang terkonfirmasi positif ada sebanyak 31 orang. Namun, seiring berjalannya waktu jumlahnya terus berkurang.

“Saat ini, warga Purwakarta yang berstatus positif Covid-19 menyisakan satu orang. Pasien tersebut, saat ini masih dalam proses perawatan dan karantina di Pusat Pelayanan Khusus Covid-19,” ujar Deni.

Selain berkurangnya jumlah pasien positif, per hari ini juga terjadi pengurangan pada warga yang berstatus Orang Dalam Pemantaun (ODP) sebanyak 2 orang dan pengurangan juga pada warga berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 1 orang. Adapun jumlah ODP saat ini menjadi 16 orang dari sebelumnya 18 orang. Sedangkan, dan PDP 8 orang dari yang tadinya 9 orang.

Gugus Tugas Covid-19 terus mengajak seluruh lapisan masyarakat tetap optimis menghadapi wabah yang menjadi pandemi global ini. Sejauh ini, langkah-langkah antisipasi terus dilakukan Pemkab Purwakarta, misalnya dengan melakukan rapid test (uji cepat) dan tracing (pelacakan) bagi warga yang kontak erat dengan PDP.

Kami juga mengimbau agar warga tetap melaksanakan anjuran pemerintah yaitu physical dan social distancing, untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Masyarakat juga hendaknya tetap melaksanakan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan dalam setiap kegiatan,” pungkasnya. (Asep Mulyana)