DPRD Intensif Dorong Pembentukan DOB Cianjur Selatan

DPRD Intensif Dorong Pembentukan DOB Cianjur Selatan

INILAH, Cianjur - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Cianjur, Jawa Barat menyatakan kesiapan untuk mengawal pemekaran Cianjur Selatan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Bahkan Pemkab Cianjur berjanji untuk segera membuat penyataan pertengahan bulan Juli agar pemekaran dapat segera terwujud.

Anggota DPRD Cianjur dari Fraksi Golkar Igun Hendra Gunawan, saat dihubungi, Sabtu, mengatakan terbentuknya DOB Cianjur Selatan menjadi kabupaten mandiri adalah harga mati, sehingga pihaknya bersama wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV dan V yang merupakan wilayah selatan, menyatakan kesiapan untuk mengawal keinginan warganya.

"Kami sudah melakukan berbagai pembahasan bersama dengan Panitia DOB Cianjur Selatan, termasuk memberikan masukan terkait persyaratan hingga terbentuknya DOB. Kami juga sudah bertemu dengan Plt Bupati Cianjur yang menyatakan segera membuat surat perjanjian dan rekomendasi pengajuan DOB," katanya pula.

Ia menjelaskan, surat rekomendasi terbentuknya DOB Cianjur Selatan menjadi kabupaten mandiri merupakan harapan warga, agar pembangunan lebih cepat terutama pembangunan infrastruktur, pariwisata, pendidikan, dan kesehatan yang dapat menyentuh langsung hingga ke pelosok.

"Berbagai persiapan, termasuk sampai ke pusat terkait pemekaran sudah ditempuh, studi banding dan persiapan ibu kota kabupaten pun sudah disiapkan. Tinggal menunggu janji Pemkab Cianjur membuat surat rekomendasi pengusulan," katanya lagi.

Pelaksana Tugas Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan hasil rapat bersama Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul (PMCK) sekaligus sebagai panitia pemekaran didampingi anggota DPRD dari dapil selatan, sepakat untuk segera membuat surat rekomendasi pengusulan yang akan ditandatangani pertengahan bulan Juli.

Dia berharap pemekaran selatan Cianjur menjadi kabupaten baru akan berdampak terhadap percepatan pembangunan di wilayah tersebut, mulai dari infrastruktur, budaya, ekonomi, pendidikan dan kesehatan, sehingga Pemkab Cianjur, akan mendukung penuh pemekaran Cianjur Selatan hingga terwujud.

"Saya akan menandatangani surat pengusulan tersebut pertengahan bulan Juli. Saya berharap pemekaran dapat menjadikan Cianjur Selatan lebih maju dan percepatan pembangunan dapat dirasakan hingga ke wilayah terujung," katanya pula.