Bawaslu Kab. Bandung Aktifkan Kembali Panwascam dan PKD

 Bawaslu Kab. Bandung Aktifkan Kembali Panwascam dan PKD
istimewa

INILAH,Bandung- Seiring dengan terbitnya peraturan KPU (PKPU) No. 5 Tahun 2020 tentang Tahapan, Jadwal dan Program, pelaksanaan Pilkada 2020 di Kab Bandung dilanjutkan, setelah sempat ditunda akibat wabah pandemi virus corona (Covid-19). Hal ini menjadikan Bawaslu Kabupaten Bandung untuk segera mengaktifasi jajaran pengawas ad-hoc seperti Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Desa/Kelurahan (PKD). 

Berdasar pada Surat Edaran yang dikeluarkan Bawaslu RI No. 0197 tentang pengaktifan kembali Jajaran Ad-hoc Panwascam dan Pengawas Desa, aktifasi tersebut melihat dari masa kinerja dari Panwascam paling lama 12 Bulan dan PKD yaitu paling lama 8 Bulan. Dengan demikian pengawas ad-hoc tersebut dapat diaktifkan sebelum 15 Juni 2020. Selain itu, Berdasarkan SK Ketua Bawaslu No. 012 pertanggal 14 Juni 2020 Panwascam dan Pengawas Desa sudah aktif kembali.

"Tepat pukul 15.00 WIB kemarin kami melaksanakan video conference dengan jajaran ad-hoc tingkat kecamatan dan secara resmi jajaran ad-hoc tersebut diaktifkan kembali" kata Koordinator Divisi OSDM Bawaslu Kabupaten Bandung, Kahpiana di Soreang, Senin (15/6/2020).

Menurut Kahpiana, melihat situasi pandemi covid-19 yang belum berakhir, hal ini menjadi juga satu kekhawatiran. Apalagi dalam penyelenggaraan Pilkada interaksi antara penyelenggara akan lebih intens.

"Ada kekhawatiran kami terhadap jajaran dilapangan saat pengawasan. Namun demikian, kami juga menerapkan protokol kesehatan dalam pengawasan lapangan," ujarnya. 

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung siap untuk melanjutkan tahapan Pilkada 2020. Hal ini dilakukan menyusul adanya peraturan KPURI No. 5 Tahun 2020 yang telah diterbitkan pada 12 Juni 2020.

Peraturan KPU RI No. 5 Tahun 2020 berisi tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 telah diterbitkan pada tanggal 12 Juni 2020.

Sejak saat ini, seluruh aktivitas penyelenggaraan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung. 2020 resmi dimulai. Berdasarkan peraturan KPU tersebut, pemungutan suara akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengatakan, KPU Kabupaten Bandung telah melanjutkan tahapan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Bandung Rabu 9 Desember 2020.

“Kesiapan ini diawali dengan pengaktifan kembali anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) serentak se-Kabupaten Bandung yang akan dilaksanakan secara daring pada Senin, 15 Juni 2020,” kata Agus di Soreang, Minggu (14/6/2020).

Dikatakan Agus, rapat koordinasi mengenai pembiayaa , pengamanan dan hal teknia lainnya, telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu dengan para stakeholder terkait.(rd dani r nugraha).