Siswa Kelas IX SMPN 2 Bandung Lulus 100 Persen

Siswa Kelas IX SMPN 2 Bandung Lulus 100 Persen
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - SMPN 2 Bandung melaksanakan pelepasan siswa kelas sembilan (IX) 2019/2020. Pada pelepasan tersebut, dihadiri  perwakilan siswa kelas sembilan (IX) termasuk orang tuanya secara daring, di Aula SMPN 2 Bandung, Senin (15/6/2020).

Pada pelepasan itu sebanyak perwakilan 10 orang siswa dan orangtua mengikuti protokol kesehatan. Seperti mereka menggunakan masker, cuci tangan sebelum masuk, menggunakan sanitizer dan duduk satu meter antara siswa dan orangtua.

Kepala SMPN 2 Bandung Erni Kustiani menyatakan sebanyak 316 siswa kelas sembilan SMPN 2 Bandung lulus 100 persen, mereka akan melanjutkan ke SMA, SMK Negeri bahkan ke pesantren.

"Kenapa virtual? Karena bahwa mereka waktu masuk ke SMPN 2 Bandung diserahkan oleh orangtua ke sekolah, selama proses pembelajaran di akhir, mereka belajar di SMPN 2 Bandung secara resmi, kami juga ingin menyerahkan kepada orangtua, jadi artinya setelah hari ini, secara tanggung jawab yang berhubungan kelas sembilan sebetulnya sudah diserahkan kepada orangtua kecuali ada administratif masih tertinggal seperti ijazah dan lainnya," papar Erni.

Dia menambahkan, secara kedinasan pihaknya sudah menyerahkan kembali tanggung jawabnya kepada orangtua, hanya kondisinya seperti ini, tidak mungkin dilaksanakan perpisahan secara manual. Padahal disini orangtua sudah sangat siap untuk melaksanakan perpisahan, mereka membentuk panitia dan sebagainya.

"Kami juga setiap tahun memang ada perpisahan secara resmi sekolah, biasanya disaksikan oleh komite dan perwakilan orangtua. Jadi kondisi seperti ini ya tidak ada salahnya kalau kami pun seperti wisuda biasa hanya dilaksanakan secara virtual," imbuhnya

Dia berharap mereka siswa bisa diterima di SMA atau SMK negeri di kota Bandung, kemudian mereka bisa menjaga tetap menjaga nama baik SMPN 2 Bandung dengan prestasi mereka, karena nanti akan berefek ketika mereka bagus sampai manapun mereka akan kembali ke sekolah ke almamaternya dengan nama baik sekolahnya.

"Seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua PSSI Iwan Bule, saya juga berharap anak-anak bisa mempertahankan prestasi yang sudah di dapat disini di SMPN 2 Bandung," ujarnya.

Ada beberapa siswa yang telah meraih prestasi, seperti Qodri Azkarayan kelas IX F mendapat prestasi medali perak matematika finalis provinsi Jabar Omnas 9 (Kompetisi Matematika Sains, bahasa Inggris Tingkat Nasional ke-9.

Zakiya Arini Putri kelas IX E meraih medali perunggu sains finalis Provinsi Jabar Omnas 9 Kompetisi Matematika, sains, bahasa Inggris tingkat nasional ke-9.

Thurfah Naura Qolbi kelas IX-A meraih medali emas English finalis Provinsi Jabar Omnas 9 Kompetisi Matematika, sains, bahasa Inggris tingkat nasional ke-9, dan lainnya. (Okky Adiana)