Ada Penambahan Kasus, Tim Kembali Laksanakan Uji Covid-19 di Pasar Cileungsi

Ada Penambahan Kasus, Tim Kembali Laksanakan Uji Covid-19 di Pasar Cileungsi
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Terus meningkatnya jumlah pedagang maupun keluarganya yang telah terpapar wabah virus corona membuat Tim Gugus Tugas Penangganan Covid-19 Kabupaten Bogor maupun Provinsi Jawa Barat menggelar rapid dan swab test di Pasar Cileungsi.

Seperti diketahui, hingga saat ini total ada 33 kasus di klaster wabah covid 19 di Pasar Cileungsi. Dari total itu 14 orang di antaranya pedagang, 17 orang lainnya merupakan  keluarganya dan 2 orang merupakan pengunjung pasar tradisional tersebut.

"Hari ini Tim Gugus Tugas Penangganan Covid 19 Kabupaten Bogor menyediakan 100 alat rapid test dan swab test baik kepada para pedagang, pengurus pasar maupun pengunjung Pasar Cileungsi," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Dedi Syarif, Selasa (16/6/2020).

Dia menambahkan, para pedagang, pengurus pasar maupun pengunjung Pasar Cileungsi yang hasil rapid testnya reaktif diwajibkan mengikuti swab test.

"Untuk hari ini ada 300 alat swab test yang kami siapkan dan apabila ada kekurangan alat maka kita bisa menggunakan alar swab test bantuan dari Pemprov Jawa Barat yang jumlahnya ada 700 buah," tambahnya.

Ditempat yang sama, Direktur Utama PD Pasar Tohaga Haris Setiawan bersama jajarannya ikut mengikuti rapid dan swab test di pasar binaannya tersebut. Hal itu ia lakukan agar menjadi contoh dan menghapus kecemburuan karena beberapa waktu lalu ratusan pedagang Pasar Cileungsi pernah mengusir Tim Gugus Tugas Penangganan Covid-19 Kabupaten Bogor.

"Tujuan kami ikut dirapid dan swab test selain untuk menjadi contoh bagi semua pihak dan ternyata tidak seseram yang dibayangkan kebanyakan orang. Selain itu bentuk deteksi dini serta proteksi diri terhadap orang-orang sekitar  dan orang terkasih juga" ujar Haris.

Dia menuturkan, setelah melaksanakan rapid dan swab test di Pasar Cileungsi, Pasar Parungpanjang, Pasar Cisarua dan Pasar Parung maka Tim Gugus Tugas Penangganan Covid-19 Kabupaten Bogor akan melakukan langkah serupa di pasar tradisional lainnya.

"Besok kami bersama Badan Intelejen Nasional (BIN)  akan lakukan rapid dab swab test di Pasar Cibinong, lalu akan kami lanjutkan ke pasar tradisional lainnya seperti Pasar Citeureup, Pasar Ciawi, Pasar LeuwiLiang, Pasar Citayam Bojonggede, Pasar Cigudeg, Pasar Caringin, Pasar Cijeruk, Pasar Babakan Madang, Pasar Ciseeng, Pasar Ciampea hingga Pasar Jonggol," tuturnya.

Haris berharap dengan dilakukannya rangkaian test dan swab test Covid-19 di pasar-pasar tradisional maka akan mengembalikan citra pasar tradisional yang bebas wabah virus corona.

"Dengan bersihnya pasar tradisional dari wabah Covid-19 maka harapan kami pasar tradisional akan kembali ramai, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19," jelas Haris. (Reza Zurifwan)