Laga Home Persib di Bandung? Teddy: Jangan Berandai-andai Lah!

Laga Home Persib di Bandung? Teddy: Jangan Berandai-andai Lah!
Striker Persib Bandung Geoffrey Castillion. (Bambang Prasethyo)

INILAH, Bandung - Persib Bandung mendapatkan peluang untuk bisa menggelar pertandingan di kandangnya jika Liga 1 2020 kembali dilanjutkan.

Pasalnya area Jawa Barat, terutama Kota Bandung yang menjadi markas dari tim berjulukan Maung Bandung ini berada di Zona Kuning Covid-19. 

Kondisi ini tentu tidak termasuk aturan yang ditetapkan Sekretaris Kementrian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot Dewabroto. Dalam pernyataannya, kompetisi tertinggi tanah itu tidak boleh digelar di lokasi yang berstatus Zona Merah demi menghindari penularan Covid-19.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono membenarkan kondisi itu. Namun, dia belum mau berkomentar lebih lanjut lantaran hingga saat ini jadwal lanjutan kompetisi belum menemui kepastian.

"Jadwal juga belum jelas dan belum keluar. Jadi kita jangan berandai-andai lah," ujar Teddy saat dihubungi. 

Sebelumnya, PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) memiliki wacana untuk menggelar kembali kompetisi pada September atau Oktober mendatang. Namun hingga kini wacana tersebut belum terwujudkan. 

Beberapa rapat virtual yang telah dilakukan, belum memutuskan mengenai nasib kompetisi. Bahkan belum diketahui, apakah melanjutkan Liga 1 2020 atau musim baru. 

"Kita juga tidak tahu apakah main September. Kalaupun September, masih ada tiga bulan lagi," jelas Teddy. 

Teddy pun mengaku menantikan keputusan PSSI maupun PT LIB mengenai nasib kompetisi. Sebab hal itu akan berimbas pada kesiapan pemain, termasuk kontrak pemain hingga pelatih. 

"Sampai saat ini belum ada kabar lebih lanjut," tegasnya. 

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts juga sebelumnya menantikan keputusan PSSI serta PT LIB mengenai kelanjutan kompetisi. Menurutnya sudah cukup lama nasib Liga 1 2020 terkatung-katung akibat pandemi Covid-19.

Bahkan dari beberapa rapat virtual yang telah dilakukan, PSSI maupun PT LIB masih belum mengeluarkan keputusannya mengenai jadwal kick off Liga 1 2020. 

"Sampai sekarang belum ada kabar jika kompetisi akan bergulir lagi," kata Robert.

Robert mengaku perlu kejelasan mengenai nasib Liga 1. Alasannya karena bisa membantu dirinya dan tim pelatih untuk menata kembali program yang akan diberikan kepada para pemainnya. 

"Sekarang kami semua sedang berpikir dan merumuskan waktu yang tepat untuk memulai latihan kembali," tuturnya. 

Meski demikian, pelatih asal Belanda ini tetap yakin jika pihak terkait akan memberikan keputusan yang jitu terhadap kelanjutan kompetisi sepak bola di Indonesia.

"Tapi, saya tetap berpikir positif dan berharap kompetisi akan bergulir lagi secepatnya. Setidaknya di bulan Agustus atau September," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)