Direktur Utama LIB Ingin Tingkatkan Sisi Hiburan Sepak Bola

Direktur Utama LIB Ingin Tingkatkan Sisi Hiburan Sepak Bola
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita. (antara)

INILAH, Jakarta - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita, yang menempati posisinya sejak Sabtu (13/6), mengatakan bahwa dirinya ingin meningkatkan sisi hiburan (entertainment) kompetisi sepak bola di Indonesia.

"Saya ini penggemar sportainment. Memang sudah ada beberapa sisi entertainment yang digarap, tetapi belum semua. Saya ingin menggairahkan kembali agar pertandingan enak ditonton sesuai dengan keinginan PSSI," ujar Akhmad ketika dihubungi dari Jakarta, Senin.

Pria berusia 55 tahun itu meyakini, jika terjadi peningkatan kualitas hiburan dari sepak bola, industrinya juga akan mengalami peningkatan.

Kondisi itu disebutnya akan membuat semakin banyak sumber daya manusia yang terlibat dalam sepak bola. "Kalau industrinya meningkat, orang akan menyenangi sepak bola," kata dia.

Meski demikian, Akhmad Lukita juga mengingatkan agar sisi entertainment harus sejalan pula dengan kualitas teknis para pesepak bolanya.

Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini mencontohkan bagaimana olahraga otomotif Formula Satu (F1) dapat dikemas dengan sedemikian rupa sehingga menjadi satu tontonan berkualitas tinggi dengan sisi hiburan yang sangat menarik.

"Saya dahulu Presiden Indonesia Formula One Society. Kalau melihat F1, dari sisi hiburannya, ibaratnya kita seperti menonton sirkus, kan. Namun, skill para pebalapnya memang benar-benar mumpuni. Seharusnya sepak bola bisa lebih baik. Saya tertarik di sini," tutur Akhmad.

Akhmad Hadian Lukita ditetapkan menjadi Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) oleh rapat umum pemegang saham (RUPS) yang digelar Sabtu (13/6).

Laki-laki asal Bandung itu menggantikan posisi Cucu Somantri yang mengundurkan diri pada 18 Mei 2020. Ketika itu, tiga komisaris yaitu Sonhadji (komisaris utama), Hasani Abdulgani dan Hakim Putratama juga meninggalkan jabatannya.

Oleh sebab itu, selain Akhmad, RUPS LIB juga menyepakati pengangkatan tiga komisaris anyar yakni Juni Ardianto Rachman sebagai komisaris utama serta dua komisaris yaitu Mayjen TNI (Purn) Leonardus JP Siegers dan Mayjen TNI (Purn) Andogo Wiradi. (antara)