Di Warung Berkah Ini, Semua Bahan Pokok Gratis

Di Warung Berkah Ini, Semua Bahan Pokok Gratis
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengunjungi warung berkah gratis di Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan. Warung inovasi warga Genteng ini diadakan setiap hari Selasa dan menyediakan berbagai macam lauk pauk mulai dari telur dan sayur-sayuran serta beras.

Selain itu, warung berkah tersebut juga merupakan hasil swadaya warga secara bergantian untuk nantinya dibagikan kepada warga yang membutuhkan. Warung tersebut buka mulai pukul 06.00 WIB dan warga pun sudah banyak yang menunggu, alhasil saat buka diserbu banyak warga.

Pantauan di lapangan, warga yang datang pun menggunakan masker dan tetap menjaga jarak saat mengambil belanjaan di warung berkah. Dari semua sayur mayur yang disediakan, warga banyak memburu bahan-bahan seperti telur, beras, sayur asam, serta sayur sop.

Dedie mengatakan, warung berkah sebagai sarana gotong royong saling membantu antar warga.

"Ini sangat dibutuhkan oleh warga saat pandemi covid ini jadi apresiasi yang tinggi ya karena dengan kesabaran gotong royong tolerasnsi dan solidaritas itulah yang bisa menolong sesama. Ya, ini harus ditiru kekelurahan lain," ungkap Dedie, Selasa (16/6/2020).

Dedie melanjutkan, inisiasi lain dari warga yaitu gerakan nasi bungkus di Kelurahan Genteng. Kedua Bogor selatan ini dalam peta penyebaran Covid-19 kelihatannya yang paling rendah tapi ini artinya tidak boleh lengah juga.

"Tapi ada dua hal yang harus perhatikan, bagaimana ketahanan pangan harus perhatikan, termasuk jaring pengaman sosial dan pencegahan Covid-19 . Tentunya terapkan protokol kesehatan, jangan sampai menambah jumlah Covid-19," tambahnya.

Sementara itu, Camat Bogor Selatan Hidayatulloh mengatakan kegiatan tersebut  merupakan kegiatan kemanusian dalam rangka untuk membantu warga yang terdampak Covid-19.

"Di kelurahan genteng ini selain kegiatam ketahan pangan, pengaktifan KWT, KTT kegiatan gasibu ini merupakan upaya dari kader keluraham secara swadaya," terangnya.

Hidayatulloh menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut inovasi dari kelurahan Genteng, sumbernya dari warga untuk warga yang tujuannya untuk membantu warga yang tidak mampu memenuhi salah satu pangannya dalam memenuhi kebutuhan sehari hari.

"Ya, ini murni diinisiasi oleh pengurus wilayah atas dasar musyawarah antar muspikel dan pengurus wilayah," katanya. (Rizki Mauludi)