Objek Wisata di Megamendung Siap-siap Beroperasi Kembali

Objek Wisata di Megamendung Siap-siap Beroperasi Kembali
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Megamendung - Dinas Kebudayaan dan Parawisata bersama Camat Megamendung dan Satpol PP Kabupaten Bogor mengunjungi objek wisata alam dan nonalam di wilayah Kecamatan Megamendung.

Hal itu dilakukan  menjelang dibukanya kembali objek-objek wisata tersebut ditengah masa pandemi Covid-19 dan masa pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) proporsional.

"Kami akan memperbolehkan objek wisata alam maupun nonalam untuk buka atau beroperasional kembali asal mereka mendapatkan persetujuan dari Tim Gugus Tugas Penangganan Covid 19 Kabupaten Bogor. Oleh karena itu hari ini kami mengunjungi kesiapan pengelola objek wisata," ucap Camat Megamendung Endi Rismawan kepada wartawan, Selasa (16/6/2020).

Dia berharap para pengelola objek wisata alam dan nonalam di wilayahnya bisa menerapkan peraturan PSBB proporsional agar bisa segera disetujui untuk beroperasi kembali.

"Sebelumnya kami sudah mensosialisasikan peraturan protokol kesehatan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan, Peraturan Gubernur Jawa Barat maupun Peraturan Bupati Bogor, kami berharap mereka bisa merealisasikan aturan seperti menerapkan rambu-rambu, menyiapkan alat pendeteksi dan pencegahan wabah covid 19 hingga mereka dinyatakan layak beroperasi kembali," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor Mukiyadi berharap protokol kesehatan dilaksanakan dengan disiplin baik oleh masyarakat maupun pengelola objek wisata alam maupun nonalam.

"Disbudpar mengajak masyarakat berdisplin dalam melaksanakan protokol kesehatan sesuai aturan dalam PSBB Proporsional aga zona merah dan zona kuning penyebaran wabah Covid-19 berganti menjadi zona hijau kembali, agar dunia parawisata di Kecamatan Megamendung, Kawasan Puncak dan wilayan lainnya bisa kembali normal hingga pendapatan ekonomi para penggiat wisata bisa pulih seperti sediakala," kata Muliyadi.

Dia menambahkan, resume kunjungan ke objek wisata alam maupun nonalam akan diserahkan ke Tim Gugus Tugas Penangganan Covid-19 Kabupaten Bogor.

"Hasil atau resume kunjungan kami hari ini ke objek-objek wisata alam dan nonalam akan kami laporkan ke Tim Gugus Tugas Penangganan Covid-19 Kabupaten Bogor untuk nantinya disetujui atau tidak disetujui untuk beroperasional kembali," tambahnya. (Reza  Zurifwan)