Garut Zona Kuning Covid-19, Bupati Rudy Sebut Masih Aman

Garut Zona Kuning Covid-19, Bupati Rudy Sebut Masih Aman
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut- Bupati Garut Rudy Gunawan mengklaim Garut masih berstatus aman dan terkendali dengan penyebaran Covid-19 terisolasi hanya di satu tempat.

Hal itu dikemukakan Rudy ketika melepas sebanyak empat pasien konfirmasi positif Covid-19 asal Kecamatan Selaawi, dan satu pasien asal Kecamatan Leuwigoong yang dinyatakan sembuh di Gedung Pendopo Garut, Selasa (16/6/2020).

Sehari sebelumnya, Rudy bahkan sempat menyatakan yakin bila kasus Covid-19 (positif terpapar) di Kabupaten Garut itu sangat sedikit. 

"Saya yakin hampir 99,9 persen penduduk Garut yang berjumlah 2,6 jiwa penduduk negatif corona. Adapun yang saat ini KC (konfirmasi Covid-19) di kabupaten Garut berjumlah 25 Kasus dan dinyatakan sembuh sebanyak 15 kasus. Jadi, sangat sedikit," ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut itu. 

Kendati begitu, Rudy meminta masyarakat Garut mesti meningkatkan kewaspadaan serta tetap mematuhi protokol kesehatan seperti ditentukan Pemerintah untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Pelepasan kelima pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19 di Gedung Pendopo hari itu ditandai dengan pemberian bunga dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Garut. 

Kelimanya dinyatakan sembuh tim medis RSU dr Slamet Garut setelah sempat menjalani perawatan intensif beberapa hari di ruang khusus isolasi Covid-19 RSU dr Slamet Garut.

Dengan sembuhnya kelima pasien positif Covid-19 tersebut, hingga kini terdapat sebanyak 15 pasien dari 25 pasien positif di Kabupaten Garut dinyatakan sembuh. Masih ada sebanyak tujuh pasien positif dirawat di RSU dr Slamet Garut. Sedangkan tiga pasien positif lainnya meninggal dunia.

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut menunjukkan total kasus Covid-19 di Kabupaten Garut per 15 Juni 2020 sebanyak 4.420 kasus dengan 32 kasus kematian. Hal itu terdiri atas 25 kasus positif, 1.645 kasus OTG, 2.675 kasus ODP, dan 75 kasus PDP.(zainulmukhtar)