Rapid Test di Pasar Cibinong, 3 Orang Reaktif

Rapid Test di Pasar Cibinong, 3 Orang Reaktif

INILAH, Cibinong - Sejumlah pedagang Pasar Cibinong reaktif wabah virus corona (Covid-19) setelah sebelumnya menjalani rapid test Covid-19, pada Rabu pagi (17/6) di halaman Pasar Cibinong.

 

"Hasil sementara 3 orang dari 183 pedagang Pasar Cibinong dinyatakan reaktif Covid-19 setelah sebelumnya menjalani rapid test, untuk memastikan mereka terpapar wabah Covid-19 atau tidak maka kami akan lakukan swab test kepada mereka hari ini juga," kata Mayjend TNI Neno Hamriono (purn) staf khusus Kepala Badan Intelejen Negara (BIN).

 

Dia menerangkan para pedagang Pasar Cibinong yang menjalani swab test mendapatkan hasil dalam 5 hingga 6 jam kemudian, rapid dan swab test ini bertujuan untuk memetakan penyebaran wabah Covid-19.

 

"Selain memetakan, penyebaran kami juga berupaya memutus wabah Covid-19 tersebut, untuk rapid dan swab test ini kita buka juga untuk  masyarakat umum dan dilaksanakan selama dua hari terutama jika reaktif Covid-19 dari rapid test diatas 10 persen," terangnya.

 

Neno menuturkan BIN memberikan bantuan sejumlah 1.000 buah alat rapid dan swab test untuk Pemkab Bogor, yang nantinya dipakai di rumah sakit, puskesmas ataupun klaster - klaster penyebaran Covid-19.

 

"Apabila 1.000 buah alat rapid dan swab test Covid-19 ini masih kurang maka BIN siap memberikan bantuan lagi kepada Pemkab Bogor, kepada Pemkab Bogor apabila ada sample swab test yang diuji laboratarium maka kami siap membantuna karena saat ini kami membawa mobil laboratarium Covid-19," tutur Neno. (Reza Zurifwan)