Luar Biasa, Kepsek dan Guru di Kersamanah Garut Rawat Fasilitas Sekolah di Tengah Pandemi

Luar Biasa, Kepsek dan Guru di Kersamanah Garut Rawat Fasilitas Sekolah di Tengah Pandemi
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut- Kendati kegiatan belajar mengajar (KBM) masih belum dimulai, kepala sekolah beserta guru, penjaga sekolah, dan tenaga pegawai lainnya di lingkungan Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kecamatan Kersamanah tetap masuk kerja dan melakukan perawatan sarana prasarana sekolah.

Menurut Ketua Kelompok Kepala Sekolah (K3S) Sekolah Dasar (SD) Kecamatan Kersamanah Uce Saepudin, hal itu mereka lakukan agar sarana prasarana sekolah seperti ruang guru, ruang belajar dan ruangan lainnya tetap terjaga dalam kondisi baik, sehat, dan bersih, terutama ketika proses KBM sudah dimulai. 

Begitupun jika ternyata proses KBM masih harus dilaksanakan tidak dengan bertatap muka atau melalui virtual dengan keberadaan siswa belajar di rumah, guru-guru tetap menyampaikan pengajarannya di ruang kelas. 

“Selama ruangan belajar tidak digunakan, kami juga tetap melakukan perawatan secara rutin dengan membersihkan dan melakukan penyemprotan desinfektan,” ujar Saepudin, Rabu (17/6/2020).

Dia menyebutkan, dirinya sudah menginstruksikan para kepala sekolah di wilayah Kecamatan Kersamanah agar selalu hadir bekerja setiap hari seperti biasanya dan selalu menjaga serta merawat lingkungan sekolah, meskipun proses KBM tak berjalan seperti biasanya karena tedampak Pandemi Covid-19.

"Tentu saja, mereka juga selalu diingatkan masuk kerja dengan memberlakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti memakai masker, cuci tangan dengan sabun, dan lainnya," ujar Saepudin yang juga Kepala SDN Kersanamah 03 itu.

Saepudin berharap, langkah dilakukan seperti itu juga dapat meyakinkan dan menenangkan para orang tua siswa. Kendati proses KBM belum berjalan, sarana prasarana tempat KBM berlangsung tetap terawat dengan baik untuk kenyamanan para siswa sendiri nantinya.(zainulmukhtar)