Uji Cepat dan Pelacakan Covid-19 Gencar Dilakukan di Purwakarta

Uji Cepat dan Pelacakan Covid-19 Gencar Dilakukan di Purwakarta
Foto: Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta – Jajaran Polres Purwakarta, selama ini turut berperan aktif guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 di wilayah ini. Upayanya kali ini, yakni dengan melakukan tes cepat (rapid tes) secara massal di beberapa lokasi yang selama ini menjadi simpul keramaian massa. Salah satunya, di stasiun kereta api dan pusat perbelanjaan modern.

“Rapid Test ini dilakukan secara acak, baik para pengunjung maupun masyarakat sekitar,” Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan, di lokasi kegiatan, Kamis (18/6/2020).

Indra menjelaskan, Rapid tes drive thru ini tujuannya tak lain untuk mencegah terjadinya transmisi corona antar kota yang disebabkan oleh para pendatang. Dalam kegiatan rapid tes massal ini jajaranya telah menyiapkan 100 alat tes.

“Test ini gratis, untuk hari ini kami gelar di dua tempat. Yakni, di Stasiun Purwakarta dan di depan pusat perbelanjaan modern yang ada di Jalan Jend Sudirman,” jelas dia.

Egi Satria (26) warga Gg Normal, Kelurahan Nagri Kaler, Kecamatan Purwakarta, mengatakan, dirinya sengaja mengikuti rapid tes karena beberapa alasan. Karena, menurutnya, selain untuk memastikan kesehatannya, hasil tes ini nantinya akan berguna sebagai syarat penerbangan domestik.

“Saya dinas di Sulawesi. Jadi, salah satu syarat penerbangan, yaitu harus sehat serta melampirkan hasil rapid tes maupun swab. Jadi, kegiatan ini sangat membantu,”ujarnya.

Tak hanya itu, rapid tes ini juga turut membantu hal lain bagi dirinya. Karena, tidak dipungit biaya alias gratis. Mengingat, jika dia memilih rapid tes secara sukarela dengan datang ke rumah sakit (RS) biayanya lumayan mahal. Sekitar Rp 475 ribu per orang.

“Saya bolak-balik Sulawesi-Purwakarta sama istri, kalau rapid tes mandiri harganya lumayan. Setara dengan satu kali tiket pesawat. Karena itu, dengan adanya rapid tes yang digelar kepolisiam ini, tentu sangat membantu,” tambah dia.

Sementara itu, jajaran Pemkab Purwakarta pun, saat ini tengah mengintensifkan melakukan tes swab massif di Dinas Kesehatan setempat. Meskipun, saat ini wilayah tersebut sudah masuk zona biru. Mengingat, di wilayah ini masih terdapat ODP, PDP.

“Tes swab ini, serentak dilakukan di 17 kabupaten/kota se Jabar. Untuk Purwakarta sendiri, targetnya 1.668 orang,” ujar Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.

Dengan begitu, setiap harinya tim dari gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 di wilayahnya, menargetkan 167 orang untuk mengikuti tes swab. Adapun tesnya, akan dilaksanakan dalam sepuluh hari kedepan. Lokasinya hanya satu, yakni di posko corona kantor Dinas Kesehatan, Jala Veteran.

“Semoga hasil swab semua negatif dan dengan ikhtiar ini bisa mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 di Purwakarta,” tambah Anne. (Asep Mulyana)