Penumpang KRL Diberi Masker hingga Vitamin

Penumpang KRL Diberi Masker hingga Vitamin
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Jakarta - Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) membagikan sejumlah alat kesehatan bagi para penumpang KRL. Seperti masker, hand sinitizer dan vitamin.

Beberapa stasiun itu antara lain Stasiun Tanah Abang, Kebayoran Lama, dan Dukuh Atas.

Ada ratusan pengguna KRL yang dibagikan peralatan kesehatan tersebut.

Fact Checking Director Mafindo, Aribowo Sasmito mengatakan, kegiatan ini untuk menyadarkan masyarakat soal ancaman virus corona.

"Ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat soal ancaman Corona. Karena virus ini belum hilang dan ada ditengah kita," kata Aribowo di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (18/6).

Aribowo melanjutkan, selain ancaman corona masyarakat juga dihadapkan pada ancaman hoax menyesatkan soal virus tersebut.

"Hoax ini selalu beriringan dengan isu yang ada. Karena tengah ramai soal COVID, maka isunya hoaxnya tentang ancaman COVID," kata Aribowo.

Ia menyebut, hoax soal corona menyasar emosi para pengguna masyarakat yang saat ini tengah panik dengan ancaman virus semacam ini.

"Ini harus diantisipasi dan masyarakat harus tahan jari. Artinya tak mudah percaya dan tak menyebarkannya lagi. Ini bahaya karena soal nyawa," ungkap Aribowo.

Dalam kegiatan itu, Aribowo juga mengingatkan masyarakat mesti merubah pola pikirnya soal informasi hoax.

"Kunci paling manjur adalah edukasi secara rutin. Sebab, kita jangan sampai berurusan dengan persoalan hukum hanya karena tak selektif menyerap informasi," terang Aribowo.