Review Realme Watch & Buds Air Neo: Paket Komplit

Review Realme Watch & Buds Air Neo: Paket Komplit
istimewa

TAHUN ini realme mengumumkan strategi bisnis baru dengan merambah bisnis Artificial internet of things (AIoT). Meski bisnis ini masih sangat baru, vendor asal China ini sudah menyiapkan target yang ambisius.

Untuk mencapai target ini, realme telah menyiapkan sejumlah strategi. Di antaranya meluncurkan sejumlah produk baru yaitu jam tangan pintar realme Watch dan Perangkat earbuds nirkabel (TWS) realme Buds Air Neo.

Kedua produk ini sama-sama diluncurkan untuk menyasar pasar segmen anak muda yang diciptakan untuk melengkapi gaya hidup cerdas. Dalam waktu kurang lebih seminggu INILAHCOM berkesempatan untuk menguji keduanya.

Penasaran seperti apa kecanggihan fitur keduanya. Simak review realme Watch dan realme Buds Air Neo berikut ini.

Kenyamanan dan pengoperasian

Mari kita bahas realme Watch terlebih dahulu, ketika pertama kali menggunakan jam ini terasa kokoh dan pas di tangan kami - yang merupakan salah satu hal pertama yang wajib dijajal sebelum membeli jam, meskipun itu jam pintar atau tidak.

Kami mendapatkan versi dengan tali hitam tetapi jika Anda ingin mencoba berbagai tali warna - ada opsi yang tersedia dalam warna biru, hijau, dan merah.

Layar sentuh berwarna 1,4 inci menawarkan resolusi layar 320 320 piksel dan menjadi cukup cerah di bawah terik matahari bahkan dalam tingkat kecerahan 20 persen. Di dalam ruangan, kecerahan 10 persen bekerja cukup baik untuk kami. Kami bisa membaca pesan, email dengan jelas.

Di luar ruangan, kami harus meningkatkan tingkat kecerahan sebesar 10 persen dan itu sudah lebih dari cukup.

Anda dapat menyesuaikan kecerahan dari jam itu sendiri dan tidak perlu beralih ke ponsel Anda untuk ke aplikasi realme Link setiap saat.

Layar yang cerah membantu menawarkan masa pakai baterai yang lebih lama. Dalam 5 hari penggunaan, realme Watch turun dari 100 menjadi 60 persen yang cukup baik mengingat menggunakan jam 24 5.

Jam dilengkapi dengan pengisi daya terpisah di dalam kotak, Anda hanya perlu menghubungkan pengisi daya ke adaptor dan menempatkan jam di atasnya.

Beralih ke realme buds Air Neo, kami mendapatkan versi warna putih dan kami sendiri sudah mereview versi pertama dari realme buds air dan kami melihat bentuknya terlihat sama masih memiliki desain yang mirip dengan AirPods.Namun, realme Buds Air Neo tampil lebih polos.

Untuk lengkungan realme Buds Air Neo juga terasa pas saat dimasukkan ke daun telinga.

Bagaimana dengan bobotnya? Sangat ringan. Satu realme Buds Air Neo bobotnya 4,1 gram, bandingkan dengan selembar kertas A4 yang beratnya sekitar 4,3 gram.

Berdasarkan lebih dari ratusan tes saat dipakai di telinga, realme telah menyesuaikan radian dari Buds yang masuk di lubang telinga, dan sudut antara batang dan Buds, membuat desain yang sangat kompatibel serta ergonomis dengan saluran pendengaran.

realme Buds Air Neo ini terbilang sangat awet karena total daya tahannya mencapai 17 jam untuk pemutaran musik.

Data daya tahan baterai 17 jam diperoleh dari laboratorium realme, yang merupakan umur baterai keseluruhan dari realme Buds Air dan case nirkabel terintegrasi. Kondisi pengujian terus menerus memutar musik pada volume 50 persen.

Teknologi dan Fitur

realme Watch menawarkan berbagai mode latihan termasuk lari Indoor dan Outdoor, Walk, Outdoor dan Indoor bersepeda, Kapasitas Aerobik, pelatihan kekuatan, Sepak Bola, Basket, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Kriket dan banyak lagi.

Kami hanya bisa menguji mode menjalankan Walk dan Outdoor mengingat tidak aman untuk keluar tanpa masker di situasi pandemi saat ini.

Pelacakan langkah tampaknya cukup akurat. jam ini juga menawarkan opsi untuk meditasi yang sangat penting untuk ketenangan mental saat ini.

Menyalakan jam cukup sederhana dan hanya membutuhkan beberapa menit. Pertama-tama nyalakan jam dengan mengklik tombol sisi kanan dan kemudian buka aplikasi realme Link di smartphone Anda.

 

Nyalakan Bluetooth ponsel dan pilih realme Watch dari daftar yang ditampilkan di aplikasi. realme Link kemudian akan berpasangan dengan realme Watch.

Untuk mengatur jam Anda dapat menggunakan aplikasi realme Link.

Ada juga fitur-fitur seperti pemantauan tidur, pemantauan detak jantung, air minum, dan SpO2. Untuk pengingat hidrasi, Anda dapat mengatur jarak waktu di mana Anda ingin jam mengingatkan Anda untuk minum air.

Pemantauan tidur dan jantung juga tampaknya cukup akurat, tetapi untuk ini, Anda harus mengenakan jam setiap saat.

Mirip dengan semua jam tangan pintar lainnya, realme Watch juga dilengkapi dengan beberapa fitur pintar seperti pemberitahuan pintar, membuka kunci ponsel, mengatur pemutar musik dan mengambil foto.

Jam tangan ini dapat menerima hampir semua pemberitahuan aplikasi dan menampilkan beberapa ikon yang sesuai dan dapat dipasangkan dengan smartphone serta mendukung tampilan panggilan, SMS, dan pesan aplikasi pihak ketiga termasuk Facebook, Whatsapp, Instagram.

Untuk personalisasi, tampilan muka atau Watch Face realme juga menyediakan berbagai tampilan stylish untuk bisa bergonta-ganti sesuai keinginan penggunanya melalui aplikasi realme Link, meski saat ini masih minim realme berjanji bakal menghadirkan 100 Watch Face nantinya yang bisa di pakai para pengguna melalui jalur update OTA.

Secara otomatis realme Watch juga dapat membuka kunci telepon, memutar atau menghentikan musik di telepon, dan mengoperasikan kamera ponsel kami dari jarak jauh.

Untuk mengambil foto menggunakan realme Watch cukup sambungkan jam ke telepon Anda terlebih dahulu buka aplikasi kamera di ponsel dan 'ambil foto' pada jam dan klik tombol pada jam ketika siap untuk mengambil gambar.

Dengan harga yang sangat terjangkau ini, realme Watch hadir dengan IP68 yang tahan air. Hal lain yang kami sukai dari realme Watch adalah beratnya. Jam tangan pontar ini sangat ringan dan Anda bisa memakainya sepanjang hari dengan sangat mudah.

Lanjut bicara soal konektivitas realme Buds Air Neo sangat mudah untuk dipasangkan dengan smartphone pengguna. Berkat teknologi Bluetooth 5.0 yang memungkinkan koneksi super cepat.

Dalam pengalaman kami, proses pairing hanya berlangsung selama kurang dari 3 detik cukup dengan masuk dalam aplikasi realme Link.

Untuk memasangkan kedua perangkat, Anda hanya perlu menekan tombol yang terletak di tengah-tengah case. Cukup ditekan agak lama, maka perangkat realme Buds Air Neo akan langsung terhubung dengan smartphone.

Ketika perangkat Anda sudah dipasangkan, proses pairing akan berjalan lebih mudah. Ini berkat dukungan fitur instant auto-connection.

Bicara soal kontrol, pengguna realme Buds Air Neo dapat melakukan beragam aktivitas, seperti menjawab panggilan, memainkan lagu berikutnya dan mengaktifkan asisten suara.

Namun, untuk melakukan kontrol tersebut pengguna harus beradaptasi. Sebab, tombolnya bersifat kapasitif.

realme Buds Air Neo menghadirkan pengalaman suara yang kuat disertai dentuman bass yang 'nendang'. Hal ini terjadi berkat adanya teknologi Dynamic Bass Boost yang terhubung dengan Bluetooth 5.0. Hasilnya efek bass yang dihasilkan terdengar dinamis.

Kemampuan ini juga didapat tanpa harus mengorbankan richness dan fidelity suara karena perangkat ini punya diafragma komposit multi-layer canggih LCP yang diimpor dari driver suara berukuran 13mm yang cukup besar.

Kesimpulan

Bicara sebagai perangkat AIoT dengan kemudahannya kedua perangkat ini bagaikan sebuah paket lengkap bagi Anda yang ini merasakan teknologi canggih yang bisa memudahkan hidup di era digital sekarang.

Jam tangan realme Watch ini memiliki desain yang stylish, nyaman digunakan, memiliki perangkat lunak yang bersih, dan memiliki baterai yang tahan lama.

Dengan segudang fitur yang dihadirkan realme Watch rasanya cocok menjadi teman pengingat setia Anda beraktifitas bahkan cocok dipakai oleh semua orang.

Ya, realme Watch tetap ideal difungsikan sebagai perangkat wearable yang menunjang fashion dan gaya hidup layaknya jam tangan pintar pada umumnya.

Lalu dengan generasi true wireless stereo (TWS) earbuds anyar, Buds Air Neo ini memberikan pengalaman nirkabel yang sesungguhnya pada perangkat earbuds. Kualitas audionya jempolan, dengan pengoperasian yang mudah dan pastinya harganya yang tidak bikin kantong jebol.

Untuk kedua produk AIoT dari realme ini jika dilihat price-to-value nya sangat menjanjikan. Menghadirkan perangkat AIoT yang sedang tren di masyarakat, dengan spesifikasi yang mumpuni dan banderol harga terbaik di segmennya. (inilah.com)