Unisba Melakukan PKM di Kampung Dangdeur Cikalong Wetan KBB

Unisba Melakukan PKM di Kampung Dangdeur Cikalong Wetan KBB
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan tinggi. Tim PKM Universitas Islam Bandung (Unisba) yang diketuai Shindu Irwansyah melaksanakan kegiatan PKM di Kampung Dangdeur, Desa Cikalong, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Shindu mengatakan, kegiatan PKM di kampung ini dilaksanakan karena melihat potensi singkong yang ada di Desa Cikalong, potensi untuk dikembangkan lebih jauh lagi. Apalagi dengan memberdayakan para ibu-ibu rumah tangga yang tinggal di daerah sekitar agar dapat memberikan pengaruh baik terhadap perkembangan ekonomi rumah tangganya.

Kegiatan yang bertemakan “Pemberdayaan Ibu-ibu Petani Singkong Melalui Pengolahan Potensi Lokal Berbasis Industri Rumah Tangga” ini disambut baik oleh ibu-ibu di Desa Cikalong, karena kegiatan ini dinilai dapat mengembangkan potensi yang dapat ditekuni, yaitu pengolahan makanan yang dapat dijadikan oleh-oleh wisatawan.

"Pelaksanaan PKM ini dibagi menjadi dua tahap, pertama adalah pemberian materi pembuatan makanan dari singkong berbasis industri rumah tangga. Materi yang diberikan berupa tata cara pengolahan singkong, pembungkusannya, dan juga pendistribusiannya," ujar Shindu di kampus Unisba, Jumat (19/6/2020).

Dia menambahkan tahap kedua adalah pendampingan. Tim PKM juga melakukan pendampingan dengan mengajarkan kepada ibu-ibu petani singkong untuk mengolah makanan dari singkong dengan menggunakan variasi rasa dan warna yang menarik, serta pemilihan brand bagi produknya. Hal ini dapat mengundang para wisatawan agar dapat membeli dan menikmati kuliner hasil pengolahan ibu-ibu petani singkong tersebut.

Pemberdayaan ibu-ibu petani singkong ini dilakukan dengan pendekatan Participary Action Research (PAR), sehingga selama kegiatan dilaksanakan, ibu-ibu yang dalam hal ini menjadi peserta kegiatan PKM dapat berpartisipasi langsung dan bertanya kepada pemateri-pemateri yang berkompeten di bidangnya.

“PKM di Kampung Dangdeur merupakan kegiatan prototipe produk yang diolah dari produk hasil pertanian lokal yaitu singkong untuk menunjang perekonomian kondisi dampingan serta memanfaatkan produk olahannya sebagai pusat wisata kuliner”, ujar salah satu dosen Tim PKM.

Dia berharap kegiatan ini dapat melibatkan kaum wanita dalam sektor usaha produktif akan menimbulkan perubahan sosial, karena dengan masuknya wanita dalam pasar kerja atau kerja produktif akan memberikan pengaruh terhadap kegiatan ekonomi rumah tangga, sehingga terjadi perubahan struktur ekonomi bagi keluarga. (Okky Adiana)