Ponpes Daarut Tauhid Dipastikan Tetap Tutup pada Juni Ini

Ponpes Daarut Tauhid Dipastikan Tetap Tutup pada Juni Ini

INILAH, Bandung - Meski telah diperbolehkan untuk buka dan beraktivitas kembali oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pondok pesantren Darut Tauhid milik Aa Gym belum akan buka di bulan Juni ini.

Hal tersebut disampaikan, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Daarut Tauhid Gatot Kuntakumara, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (19/6/2020).

Menurutnya, belum ada kesepakatan untuk buka kembali baik dengan kepengurusan pondok maupun dengan Aa Gym selaku pimpinan. Oleh karena itu, hingga kini pengajian di Darut Tauhid masih menggunakan sistem online.

"Kita belum rapat tentang pembukaan itu, cuman kita akan mengacu dari gugus tugas dan yang lainnya, termasuk pertimbangan dari Pak Ridwan Kamil," ucap Gatot.

Gatot menjelaskan, satu diantara pertimbangan belum dibuka kembali Pondok Pesantren Darut Tauhid yaitu penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Pasalnya, tidak mudah menyiapkan protokol kesehatan dan memastikan para santri bebas Covid-19, ketika datang ke pondok.

"Kalau mereka dari seluruh Indonesia kemudian datang ke satu titik di Bandung melewati berbagai transportasi ada yang pakai pesawat dan kereta api, jadi kemungkinan untuk memastikan mereka bisa sehat sampai di Bandung kan juga bukan persoalan yang mudah. Jadi kita harus menyiapkan segala sesuatunya," ungkapnya.

Selain itu, Gatot menambahkan, pada bulan juni seperti saat inu merupakan masa berakhirnya tahun ajaran di Pondok. Oleh karena itu, kemungkinan besar pondok baru akan dibuka pada Juli mendatang.

"Soalnya akhir Juni ini kan proses pembelajaran selesai, jadi kalau dibuka sekarang kan kagok ya," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)