Kab Bogor Kian 'Memerah', Megamendung dan Pamijahan Masuk Zona Bahaya

Kab Bogor Kian 'Memerah', Megamendung dan Pamijahan Masuk Zona Bahaya
Juru bicara Tim Gugus Tugas Penangganan Covid 19 Kabupaten Bogor Syarifah Sopiah Dwikorawati. (Reza Zurifwan)

INILAH, Bogor- Sudah 28 kecamatan di Kabupaten Bogor berstatus zona merah Covid-19. Teranyar, Kecamatan Megamendung dan Pamijahan.

Kecamatan Megamendung dan Pamijahan kini menjadi zona merah penyebaran wabah virus corona (Covid 19). Keduanya menyusul kecamatan-kecamatan lain yang sudah lebih dulu berstatus serupa.

Dengan tambahan dua kasus penyebaran, maka sudah ada 28 dari 40 kecamatan di Kabupaten Bogor yang masih atau pernah menjadi zona merah penyebaran Covid-19. Itu baru data sampai Sabtu (20/6) malam.

“Hingga Sabtu malam kemarin, ada tambahan zona merah penyebaran wabah Covid-19 yaitu Kecamatan Megamendung dan Pamijahan karena masing-masing satu orang warganya terpapar wabah Covid-19,” ujar Juru bicara Tim Gugus Tugas Penangganan Covid 19 Kabupaten Bogor Syarifah Sopiah Dwikorawati kepada wartawan, Minggu (21/6).

Ia menerangkan kecamatan yang masih atau pernah menjadi zona merah penyebaran wabah Covid-19 ialah kecamatan Cileungsi, Gunung Putri, Cariu, Sukamakmur, Jonggol, Klapanunggal, Citeureup, Babakan Madang, Cibinong, Bojonggede, Tajur Halang, Ciseeng, Kemang, Gunung Sindur, Rumpin, Parungpanjang, Leuwisadeng, Leuwiliang, Ciampea, Ciomas, Tamansari, Caringin, Ciawi, Cigombong, Jasinga, Bojonggede, Nanggung, Dramaga, Megamendung dan Pamijahan. 

“Namun dengan sembuh atau meninggalnya pasien wabah Covid 19 asal Ciawi, Kemang dan Nanggung, maka ketiga kecamatan tersebut sudah tidak lagi menjadi zona merah penyebaran wabah Covid 19,” terangnya.

Wanita yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Perencana Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bogor ini menuturkan selain dua kasus penyebaran wabah Covid-19 itu, juga ada 8 kasus lainnya.

“Delapan kasus penyebaran wabah Covid-19 lainnnya terjadi di Kecamatan Dramaga, Tajur Halang, Caringin, Ciawi dan  Klapanunggal. Tiga dari lima orang yang terpapar wabah Covid-19 adalah pegawai dari supermarket Mitra 10,” tutur Syarifah.

Ia menjelaskan dengan tambahan 7 kasus penyebaran wabah Covid 19, maka total jumlah penyebararannya ada 332 kasus. Di mana 78 orang telah dinyatakan sembuh, 17 orang sudah meninggal dunia, 235 orang masih menjalani perawatan dan 3 orang lainnya sudah bukan lagi warga Bumi Tegar Beriman karena sudah pindah domisili.

“Hari ini ada tiga orang pasien Covid-19 yang terkonfirmasi sembuh yang semuanya warga Kecamatan Cibinong, sementara pasien yang meninggal dunia adalah warga Kecamatan Ciawi yang hari ini juga telah dinyatakan terpapar wabah Covid-19,” jelasnya. (Reza Zurifwan)