Apple Sebut 81 Persen iPhone Jalankan iOS 13

Apple Sebut 81 Persen iPhone Jalankan iOS 13
Ilustrasi/Net

INILAH, Jakarta- Apple mengumumkan bahwa 81 persen dari semua iPhone aktif saat ini telah menjalankan iOS 13, sementara 13 persen menjalankan iOS 12, dan 6 persen menggunakan iOS 11 atau yang lebih lama.

Dikutip dari Phone Arena, Senin, dalam situs web-nya Apple juga mengumumkan bahwa 92 persen dari keseluruhan perangkat iPhone yang diperkenalkan dalam empat tahun terakhit telah menjalankan iOS 13, 7 persen menjalankan iOS 12 dan 2 persen menggunakan iOS 11 atau sebelumnya.

Sementara, sistem operasi khusus iPad, iPadOS, Apple mengungkapkan 93 persen dari semua tablet Apple yang diperkenalkan selama empat tahun terakhir telah menginstal iPadOS. Sebanyak 5 persen iPad menjalankan iOS 12, dan hanya 1 persen yang menggunakan iOS 11 atau lebih lama.

Di antara semua unit iPad aktif, 73 persen berjalan di iPadOS, 16 persen bergantung pada iOS 12 dan 11 persen menggunakan iOS 11 atau yang lebih lama.

Data tersebut dikumpulkan pada 17 Juni oleh Apple dan didasarkan pada model iPhone dan iPad yang memasuki App Store pada tanggal itu. Sistem ini mirip dengan cara Google menghitun angka distribusi Android-nya. Google melacak bulid Android yang digunakan oleh ponsel yang mengunjungi Play Store pada hari tertentu.

Sementara itu, pada Senin waktu AS atau Selasa dini hari, Apple akan menyiarkan langsung konferensi pengembang WWDC, beralih ke online karena pandemi COVID-19, yang dapat dilihat secara gratis dari aplikasi dan situs web pengembang Apple, YouTube dan situs web Apple.

Menurut Jon Prosser, yang akrab dengan bocoran mengenai Apple, dalam WWDC Apple diperkirakan akan mengubah nama untuk iOS. Sebelumnya Apple sempat mengubah nama sistem operasi perangkatnya.

Dari 2007-2009 Apple menyebut sistem operasi perangkatnya iPhoneOS, dan mengubahnya menjadi iOS pada 2010. Jika hal ini benar, maka iPodTouch akan menjadi satu-satunya perangkat yang menjalankan iPhoneOS.

Dalam WWDC Apple juga diperkirakan akan mengumumkan pembaruan untuk iOS terbaru, seperti kemampuan offline untuk Siri, AR Maps dan aplikasi penerjemah, mode Picture-in-Picture untuk video, kemampuan untuk menarik kembali iMessage yang sudah dikirim dan aplikasi baru untuk kebugaran.

Apple kabarnya juga akan membahas pembaruan untuk watchOS 7, termasuk Kids Mode, serta pembaruan untuk iPadOS, macOS dan tvOS. (Antara)