Dua Kardus Kue Tar Syukuri Rekor Baru   

Dua Kardus Kue Tar Syukuri Rekor Baru   
foto: Humas Pemprov Jabar

SUASANA ruangan di Lantai 2 Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Barat di Jalan Sederhana, Kota Bandung, yang tadinya sepi mendadak ramai berkat kedatangan dr. Siska Gerfianti, Ketua Divisi Pelacakan Kontak Deteksi Dini Pengujian Massal dan Manajemen Lab GTTP COVID-19 Provinsi Jawa Barat yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Jabar. 

Dengan gayanya yang khas dan pembawaannya yang ceria, mood rapat yang serius berubah menjadi aroma makan siang karena dr. Siska membawa banyak nasi kotak dan dua kardus kue tar.  

“Ini bukan ulang tahun, tapi syukuran more than three thousand,” ujarnya disambut senyum semringah Kepala UPT Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Jabar dr Emawati dan koleganya yang lain. 

Betapa tidak, pencapaian hari itu adalah rekor baru dalam sejarah penanganan COVID-19 di Jabar karena Labkes menerima lebih dari 3.156 sampel uji usap dalam satu hari, dari rata – rata per hari 1.000 sampel. Kedatangan ribuan sampel ini sangat penting karena selama ini kesadaran warga untuk tes COVID-19 terbilang naik turun karena masih ada ketakutan dan anggapan yang aneh – aneh mengenai tes masif. 

Lilin pada kue tar pun dinyalakan disambung menyanyikan lagu yang diberi judul “Happy More Than Three Thousand” dengan irama lagu “Selamat Ulang Tahun”. Begitu lagu usai tidak ada tiupan lilin melainkan tepukan lilin. Api pun padam dan sekitar 10 orang di ruangan itu bertepuk tangan. 

“Tidak boleh meniup lilin karena takut ada droplets, jadi tepukan lilin saja,” sambung dr. Siska. 

Syukuran kecil itu bukan tidak empati terhadap situasi sekarang, tapi sengaja dilakukan untuk menghibur dan menyemangati semua tanaga di Labkes Jabar yang telah bekerja maksimal nyaris tanpa hari libur. 

Dr. Siska memuji kinerja Labkes Jabar beserta jaringannya yang bekerja keras selama empat bulan terakhir dalam mendiagnosa sampel uji usap dalam rangka pemetaan virus atau epidemologi. “Apresiasi sebesar – besarnya untuk tim Labkes Jabar karena telah bekerja dan tetap semangat menjalankan tugas- tugasnya,” katanya.  (*)