Inilah Tiga Prinsip Agar Hidup Tidak Sia-Sia

Inilah Tiga Prinsip Agar Hidup Tidak Sia-Sia

MANUSIA yang merugi adalah mereka yang hidupnya sia-sia. Padahal, kehidupan ini hanyalah sementara dan akan dimintai pertanggung jawabannya di akhirat kelak.

Lalu, bagaimana agar hidup kita tidak menjadi sia-sia. Berikut ini tiga prinsip agar hidup tidak sia-sia menurut Pimpinan dan Pengasuk Ponpes Daarut Tauhid, KH. Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym.

Menurut Aa Gym dalam Kajian Tauhidnya, agar semua aktivitas tidak sia-sia maka yang pertama adalah menjadikan semua aktivitas agar memiliki nilai ibadah. Caranya tentu saja dengan melaksanakan segala sesuatunya karena prinsip atau landasan Lillahi Ta'ala. Di samping itu caranya harus benar.

"Jika semua aktivitas kita diniati karena Lillahi ta'ala. Maka Insya Allah semuanya jadi bernilai ibadah, kerja iibadah, sekolah ibadah, berdagang ibadah. Tapi tentu saja caranya harus benar. Dan untuk dapat melakukannya maka harus mengetahui ilmu agamanya," ungkap Aa Gym di hadapan para santrinya beberapa waktu lalu.

Prinsip kedua agar hidup tidak menjadi sia-sia menurut Aa adalah dengan menjadi khalifah. Hal itu sesuai dengan firman Allah SWT, dalam QS Al-Baqarah ayat 30.

Sementara prinsip ketiga menurut Aa, melaksanakan dakwah dalam setiap gerak dan gerik kehidupan. Menurut Aa sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang selalu menyerukan pada kebaikan.

"Hal ini juga sesuai dengan QS An-Nahl ayat 125 yang artinya "Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk," ungkap Aa. (*)