Nah Lho, ASN Kota Bandung Wajib Berinovasi

Nah Lho, ASN Kota Bandung Wajib Berinovasi
(Istimewa)

INILAH, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menegaskan bahwa setiap aparatur sipil negara (ASN) wajib berinovasi. Hal itu agar pelayanan publik Pemerintah (Pemkot) Bandung semakin prima.

"Saya berpesan kepada ASN untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, meski pun saat ini tengah pandemi Covid-19. Itu bukan jadi halangan," kata Yana seusai melantik 11 pejabat administrator dan pejabat fungsional Pemkot Bandung di Balai Kota,Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Senin (22/6/2020). 

Dalam pelantikan tersebut, terdapat satu orang struktural di jabatan administrator, 10 jabatan fungsional. Terdiri satu orang madya eselon III dan sembilan orang Muda pengawas eselon IV.

Dia menuturkan, setiap ASN memiliki banyak target dan capaian pelayanan kepada masyarakat. Hal itu harus sesuai dengan perkembangan zaman.

"Adanya stigma bahwa ASN itu hanya melakukan pekerjaan ringan, itu kurang tepat. Karena mereka memiliki banyak target yang harus dikerjakan menyesuaikan dan mengikuti perkembangan zaman juga," ucapnya. 

Karenanya, Yana meminta kepada para pejabat yang baru dilantik agar lebih serius dalam bekerja. Mereka wajib bersikap proaktif atau antisipatif. 

"Tidak bersikap reaktif atau menunggu datang masalah. ASN juga harus menjalin kerja sama yang baik dengan para pihak terkait, terutama dengan masyarakat yang harus dilayani," ujar dia.

Pada hal lain, dia menyebut, jumlah ASN pensiun saat ini cukup besar. Setiap kekosongan akan mengganggu kinerja. Untuk itu, Pemkot Bandung berusaha secepat mungkin untuk mengisi kekosongan tersebut . 

"Untuk setiap kekosongan, kami sudah menyiapkan 'talent-talent'-nya. Masing masing sudah diberi target dari setiap dinas terkait. Nanti diukur pada tunjangan kinerjanya. Sejauh ini angka sudah rata-rata 90 persen dalam kinerja keseluruhan," tandasnya. (Yogo Triastopo)