Batam Juara Favorit Inovasi Normal Baru

Batam Juara Favorit Inovasi Normal Baru
Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad usai menerima penghargaan langsung dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (antara)

INILAH, Batam - Sejumlah inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota Batam untuk memasuki normal baru di tengah pandemi Covid-19 meraih juara favorit dalam Lomba Inovasi Daerah dalam Tatanan Normal Baru 2020 digelar Kementerian Dalam Negeri.

"Kami bersyukur apa yang kami lakukan selama ini telah berjalan pada relnya. Juara favorit ini berdasarkan 'like' terhadap yang kami buat, berarti banyak yang memberi respons baik atas kerja yang kita lakukan," kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad usai menerima penghargaan langsung dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam rilis yang diterima di Batam, Senin.

Dalam lomba itu, Pemkot Batam menyertakan tujuh inovasi untuk mempermudah pelayanan pada masa normal baru, yaitu sektor perhotelan, restoran, tempat wisata, pasar modern, pasar tradisional, transportasi umum, serta pelayanan terpadu satu pintu (PTSP).

"Poin utama inovasi yang kami sajikan itu sebenarnya adalah pemanfaatan teknologi informasi atau digitalisasi pelayanan," kata pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam itu.

Pada sektor perhotelan misalnya, Pemkot Batam menggunakan Wanderlink, aplikasi berbasis daring yang diharapkan dapat memudahkan wisatawan memilih lokasi yang akan dituju.

Dengan aplikasi itu, interaksi wisatawan terhadap orang banyak juga dapat diminimalkan, demi mengantisipasi risiko penularan virus corona jenis baru itu.

Penggunaan aplikasi daring juga diterapkan di pasar tradisional. Aplikasi Pasar Mama dihadirkan guna memudahkan masyarakat yang ingin berbelanja tanpa meninggalkan rumah.

Masyarakat tinggal berbelanja, menggunakan telepon genggamnya. Barang juga langsung diantar ke rumah.

Pemkot Batam juga mendorong penggunaan transaksi nontunai pada aplikasi Pasar Mama, termasuk pada pembayaran ongkos kendaraan umum.

Di mal pelayanan publik, Pemkot Batam mengoptimalisasi pengajuan perizinan secara daring melalui laman ptsp.batam.go.id dan oss.go.id serta kanal layanan konsultasi daring dengan memanfaatkan platform pesan Whatsapp.

Platform Zoom Meeting juga dimanfaatkan untuk konsultasi interaktif dan pengecekan dokumen secara langsung. Selain itu, diberikan layanan khusus pengantaran dokumen perizinan.

Pemkot Batam juga menerapkan protokol kesehatan dalam adaptasi normal baru.

Setiap petugas pelayanan publik, wajib menggunakan masker, sarung tangan, dan pelindung wajah, sedangkan fasilitas publik rutin dibersihkan dengan penyemprotan disinfektan.

Disediakan pula sarana cuci tangan atau cairan pembersih tangan di berbagai titik yang banyak disentuh tangan, penerapan jaga jarak serta pemeriksaan suhu tubuh pengguna jasa juga diawasi .

"Alhamdulillah melalui penghargaan ini artinya ada apresiasi kementerian terhadap kinerja yang dilakukan. Dan ini menyemangati kita untuk meningkatkan kinerja di waktu mendatang. Sekaligus memberikan spirit baru untuk beradaptasi dengan 'new normal' (normal baru) ini," kata dia. (antara)