Inilah Upaya Kabupaten Bogor Agar Hewan Kurban Sehat dan Layak

Inilah Upaya Kabupaten Bogor Agar Hewan Kurban Sehat dan Layak
foto: INILAH/Reza Zurifwan

INILAH, Bogor  - Menjelang Hari Raya Idul Adha,  Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor akan melakukan pengecekan kesehatan dan kelayakan  hewan kurban kepada para pedagang.

"Pengecekan pedagang akan dilaksanakan h-15, agar kesehatan dan kelayakan  hewan qurban bisa kita lihat dan pertanggungjawabkan. kita akan turunkan semua petugas," kata Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor Hardi Hendriawan kepada wartawan, Senin (22/6).

Ia menerangkan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan di lapak penjualan hewan qurban tentunya akan dilakukan di 40 kecamayan yang ada di Bumi Tegar Beriman.

"Seperti tahun - tahun sebelumnya kami akan memeriksa kesehatan dan kelayakan hewan qurban di lapak penjualan yang ada di semua wilayah, pada prinsipnya para pedagang sebelumnya  harus mendapatkan ijin dari kelurahan setempat," terangnya.

Hardi menjelaskan untuk yang terlibat dalam pengecekan kesehatan hewan kurban terdiri dari 36 orang petugas puskeswan yang ada di Kabupaten Bogor.

"Dari kami bidang kesehatan hewan akan turun semua, lalu petugas 6 puskeswan yang jumlah petugasnya sekitar 36 orang. juga akan melakukan pengeceka  di sepanjang jalan yang terlihat menjual hewan Qurban," jelas Hardi.

Selain itu, lanjutnya Dinas Perikanan dan Peternakan akan melakukan pelatihan kepada perwakilan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) mengenai tata cara penyembelihan hewan qurban dimasa pandemi Covid-19.

"Tetapi karena sekarang tidak boleh mengumpulkan orang banyak, jadi akan dilaksanakan webinar (online) bersama anggota, DKM, petugas UPT Puskeswan serta kecamatan, untuk penyembelihan seperti biasanya sesuai SOP. Tapi tetap harus jaga jarak juga," lanjutnya. (Reza Zurifwan).