Kubah Masjid Agung Sumber Direhab, Pemkab Cirebon Hibahkan Rp3 Miliar

Kubah Masjid Agung Sumber Direhab, Pemkab Cirebon Hibahkan Rp3 Miliar
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Setelah menunggu sekian lama, Pemkab Cirebon akhirnya memberikan bantuan anggaran lewat dana hibah senilai Rp3 miliar.

Bendahara Pembangunan Masjid Agung Sumber Jenal menyebutkan, anggaran tersebut dikucurkan sebanyak dua termin.

"Kami mendapatkan hibah dari pemda sekitar Rp3 miliar lebih.  Nilai pastinya saya lupa. Tapi diperuntukan dulu untuk revitalisasi kubah dan WC," kata jenal, Selasa (23/6/2020).

Menurutnya, anggaran Rp3 miliar itu diprediksi hanya cukup untuk merevitalisasi kubah dan toiletnya saja. Sedangkan, total keseluruhan untuk anggaran revitalisasi masjid diperkirakan memerlukan anggaran sebesar Rp38 miliar. Sedangkan, untuk seluruh bangunan masjid itu membutuhkan dana sekitar Rp12 miliar.

"Untuk memperbaiki mesjid, kami butuh Rp12 milliar. Sekarang kan ada Rp3 milliar, jadi kalau merehab semua bangunan masjid masih butuh lagi anggaran sebesar Rp9 miliar lagi," ungkap Jenal.

Dia menyebutkan, wajar kalau merevitalisasi kubah memerlukan anggaran miliaran rupiah. Sebab, setelah melakukan pengecekan ternyata diameternya mencapai puluhan meter.

"Saya seumur-umur baru naik ke kubah masjid. Ternyata diameternya puluhan meter, dan dibawahnya bisa menampung ratusan jamaah. Tapi tidak mungkin lah dipakai sholat, karena kita akan melapisi kubah supaya tidak bocor," jelasnya. (Maman Suharman)