Ratusan UMKM di Kota Bandung Terdampak Covid-19

Ratusan UMKM di Kota Bandung Terdampak Covid-19
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Bandung Atet Dedi Handiman mengatakan, banyak pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19.

"Yang terdampak ada sekitar 600 UMKM, dan 70 persen di antaranya mereka pengusaha fashion dan craf," kata Atet di Balai Kota Bandung, Selasa (23/6/2020).

Menurutnya, jumlah tersebut didapat setelah pemerintah kota dalam hal ini Dinas KUKM Kota Bandung melakukan pendataan. Angka 600 itu, dari jumlah 6.000 lebih UMKM di Kota Bandung.

"Penghasilan mereka turun hingga 70 persen. Sebabnya mereka mengeluh sulit untuk menjual produk mereka, ketika tidak ada pembeli di situasi seperti sekarang ini," ucapnya.

Sulitnya situasi, disebut Atet membuat pelaku usaha lebih memilih menjual produk yang yang tengah dibutuhkan saat ini seperti alat pelindung diri (APD) hingga menjual olahan sehat seperti jamu.

"Kita belum ada wacana untuk memberikan bantuan. Kita lebih menekankan bagaimana cara penjualannya, salah satunya bagaimana memanfaatkan teknologi," ujar dia. (Yogo Triastopo)