Inspektorat dan Kejari Lakukan Monev Bansos Beras Bupati Bogor

Inspektorat dan Kejari Lakukan Monev Bansos Beras Bupati Bogor
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Banyaknya keluhan akan buruknya kualitas beras bantuan sosial Bupati Bogor, membuat kinerja Gudong Bulog Dramaga sedang dilakukan monitor dan evaluasi (monev).

"Pemkab Bogor terutama Inspektorat saat ini sedang memonitor dan mengevaluasi kinerja Gudang Bulog Dramaga, hal itu karena banyaknya pengaduan masyarakat keluarga penerima manfaat yang mengeluh kepada kami ataupun legislatif," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perondustrian Kabupaten Bogor Nuradi kepada wartawan, Selasa (23/6/2020).

Akibat sedang berlangsung tahap monev, dia menerangkan penyaluran atau pendistribusian bantuan sosial beras dari Bupati Bogor tahap kedua pun tertunda sambil menunggu hasil akhir.

"Penyaluran atau pendistribusian bantuan sosial beras dari Bupati Bogor tahap kedua belum kami laksanakan karena masih menunggu hasil keputusan Inspektorat dan tim monev lainnya," terangnya.

Sementara itu, Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor Juanda menuturkan bahwa jajarannya juga sedang memonitor sejumlah permasalahan bantuan sosial beras Bupati Bogor.

"Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor memang sedang memonitor apalagi memang benar terjadi kasus buruknya kualitas beras dari Gudang Bulog Dramaga. Langkah monitor ini kami lakukan agar bantuan beras yang diterima masyarakat keluarga penerima manfaat sesuai standar dan perjanjian sebelumnya yaitu berkualitas medium," tutur Juanda.

Dia menambahkan, seharusnya pihak Gudang Bulog Dramaga sanggup menyediakan beras kualitas medium sebanyak 6.000 ton per bulan untuk dibagikan kepada 200.000 masyarakat keluarga penerima manfaat.

"Kenapa Pemkab Bogor lebih memilih Gudang Bulog Dramaga dibanding pihak ketiga lain karena mereka yakin Gudang Bulog Dramaga bisa memenuhi penyediaan beras kualitas medium sebanyak 6.000 ton perbulan atau 18.000 ton perbulan hingga kami minta kalau ada beras berkualitas buruk untuk segera ditukar dengan beras berkualitas baik," tambahnya.

Seperti Pemkab Bogor, Juanda melanjutkan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor dalam waktu dekat juga akan memberikan catatan-catatan agar Gudang Bulog Dramaga memperbaiki kinerjanya.

"Kami akan memberikan catatan-catatan agar pendistribusian dan penyaluran bantuan sosial beras Bupati Bogor oleh Gudang Bulog Dramaga ini agar bisa membaik pelaksanaannya  dan tidak ada lagi keluhan dari masyarakat keluarga penerima manfaat," lanjut Juanda. (Reza Zurifwan)