Apple Umumkan iOS 14, Ini Fitur-Fitur Barunya

Apple Umumkan iOS 14, Ini Fitur-Fitur Barunya
istimewa

INILAH, San Francisco - Apple mengenalkan sistem operasi terbaru untuk iPhone, iOS 14, dalam konferensi pengembang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2020 yang digelar secara virtual.

Sejumlah besar peningkatan dihadirkan oleh Apple dalam sistem operasi terbarunya itu.

Berikut fitur-fitur baru pada iOS 14, seperti dikutip dari Phone Arena:

1. Layar beranda iOS 14 yang diubah

Layar beranda menjadi antarmuka terbesar untuk iOS 14 dengan perubahan yang jauh lebih fungsional.

Apple selama ini dinilai konservatif dalam pendekatan soal layar beranda iPhone, namun, iOS 14 membawa banyak hal baru, termasuk beberapa fitur kustomisasi yang sebelumnya hanya ada pada Android.

- App Library

App Librabry adalah tampilan baru untuk mengatur aplikasi iPhone dalam berbagai grup. Fitur ini mirip dengan laci aplikasi Android yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan aplikasi dari layar beranda utama.

App Library dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan, seperti pembagian berdasarkan kategori aplikasi (hiburan, sosial, game dan lainnya) atau berdasarkan pola penggunaan.

Apple membuat iOS 14 lebih fleksibel dalam mempelajari kebiasaan pengguna untuk memberikan lebih banyak fitur yang dirancang khusus untuk pengguna.

App Library juga dilengkapi dengan fitur pencarian dengan tampilan aplikasi berbentuk daftar yang memungkinkan pengguna mencari aplikasi yang telah diinstal dengan lebih cepat di iPhone.

- Widget

Menjadi lebih fungsional, widget di iOS 14 dirancang ulang agar pas dengan lokasi pengguna yang ditampilkan di layar beranda dan lebih kaya data dari sebelumnya.

Pengguna dapat memilih berbagai gaya widget yang berbeda yang dapat dikustomisasi dan diatur di layar beranda, sementara ikon aplikasi secara otomatis memposisikan diri untuk memberi ruang bagi widget.

iOS 14 memiliki tiga ukuran widget, yaitu kecil, sedang dan besar. Apple menghadirkan Smart Stack, widget 'kosong' yang ditempatkan pada layar beranda yang memungkinkan pengguna menempatkan widget apa pun di dalamnya.

Smart Stack seperti galeri widget di mana pengguna dapat menelusuri dengan cepat aplikasi, atau pengguna dapat mengatur widget secara otomatis berdasarkan pola penggunaan atau waktu.

2. Siri lebih pintar

Siri di iOS 14 mendapatkan desain yang lebih ringkas yang tidak memakan seluruh layar setiap kali menggunakannya.

Ketika menanyakan hal-hal tertentu di iOS 14, seperti membuka aplikasi, Siri kini muncul dalam gelembung kecil di bagian bawah dan melakukan hal yang diminta tanpa menutup seluruh tampilan layar.

Namun, desain baru Siri di iOS 14 yang sebagian pembaruan. Asisten AI Apple itu juga dibuat semakin pintar dalam pembaruan kali ini. Apple mengatakan bahwa Siri memproses rata-rata 25 miliar permintaan setiap bulan dan akan lebih terintegrasi ke dalam pengalaman iOS 14.

Misalnya, pengguna kini dapat meminta Siri untuk mengirim pesan audio dan asisten AI tersebut akan mulai merekam pesan secara instan, sementara gelembung kecil Siri akan muncul di bagian atas layar dengan kontrol perekaman.

Memanfaatkan pengenalan suara yang sama dengan Siri, keyboard Apple kini mendukung dikte, yang menjadi cara yang sangat aman ketika pengguna tidak ingin mengetik, bahkan saat perangkat sedang offline.

3. Picture-in-picture (PiP)

Picture-in-picture (PiP) di iOS 14 memungkinkan pengguna untuk menonton dan mendengarkan video sambil berinteraksi dengan aplikasi lain di iPhone.

Saat pengguna menonton video di dalam aplikasi dan membuka aplikasi lain, tampilan video tersebut akan menyusut dan dapat diseret di dalam layar, sehingga memungkinkan pengguna untuk menjelajahi web, membalas pesan atau menulis email sembari menonton video.

4. Translate

Translate adalah aplikasi terjemahan baru dari Apple yang memulai debutnya di iOS 14.

Aplikasi Translate Apple bukanlah alat terjemahan sederhana yang dapat digunakan untuk mencari kata-kata dalam berbagai bahasa (meski memang bisa digunakan), namun penggunaannya lebih kepada melakukan terjemahan real-time dari seluruh percakapan, baik secara langsung maupun offline.

 

Menggunakan teknologi machine learning dan neural engine, pengguna dapat menerjemahkan teks dan suara antara kombinasi dari dari sebelas bahasa, dan dukungan untuk lebih banyak bahasa akan diluncurkan secara bertahap dalam beberapa bulan ke depan.

Saat ini, Apple Translate mendukung bahasa Inggris, Mandarin, Prancis, Jerman, Spanyol, Italia, Jepang, Korea, Arab, Portugis, dan Rusia.

5. Pesan

iMessage di iOS 14 menghadirkan peningkatan kontrol atas percakapan dan lebih banyak lagi opsi untuk obrolan grup.

iMessage di iOS 14 mendapatkan beberapa perbaikan hebat yang memungkinkan pengguna untuk lebih mudah memilah-milah pesan dan terlibat dalam percakapan dengan teman-teman.

Pada layar utama iMessage, kini pengguna dapat menyematkan percakapan penting agar tidak hilang saat pesan baru masuk.

Setelah disematkan, percakapan tersebut muncul di bagian atas daftar. Sematan tersebut dapat dihapus kapan saja dengan menggeser ke kanan.

Memoji juga mendapatkan banyak fitur kustomisasi di iOS 14, sehingga pengguna benar-benar dapat memoles tampilan.

Ada lebih dari 20 gaya rambut dan hiasan kepala baru, 'penutup wajah' atau masker, lebih banyak opsi usia, serta opsi stiker Memoji baru.

Selain itu, obrolan grup di iMessage kini juga memiliki daftar balasan yang memungkinkan pengguna untuk langsung membalas pesan tertentu.

6. Apple Maps

Apple mendesain ulang aplikasi Maps mereka. Awal tahun ini, Apple Maps baru diluncurkan di AS dengan menampilkan navigasi yang lebih baik dan detail yang lebih kaya, seperti jalur pejalan kaki dan landmark.

Aplikasi Maps yang diperbarui itu juga akan datang ke lebih banyak negara tahun ini, termasuk Inggris, Irlandia, dan Kanada.

Aplikasi yang diperbarui tersebut juga berfungsi sebagai dasar dari fitur-fitur baru yang memungkinkan pengguna menemukan tempat-tempat baru yang mereka sukai dan membantu mereka berkeliling dengan cara yang lebih sadar lingkungan.

Dengan iOS 14, Apple akan menghadirkan navigasi bersepeda di Apple Maps. Saat ini, fitur navigasi bersepeda hadir di lima kota, namun akan tersedia di lebih banyak lokasi lainnya dalam beberapa bulan mendatang.

Sementara, bagi pengguna yang memiliki mobil listrik, Apple Maps membantu melacak faktor cucaca dan menambahkan penghentian untuk isi daya.

Aplikasi ini mengetahui charger apa yang digunakan mobil, sehingga akan mengarahkan ke stasiun pengisian daya yang tepat.

Untuk saat ini, lokasi yang mendukung navigasi bersepada pada Apple Maps, yaitu New York, Los Angeles, San Francisco Bay Area, Shanghai, dan Beijing.

7. App Clips

Dengan iOS 14, Apple memperkenalkan App Clips, aplikasi berukuran kecil yang cepat, mudah ditemukan dan yang paling penting tidak mengharuskan pengguna untuk menginstal aplikasi.

App Clips merupakan fitur cuplikan yang dapat digunakan oleh berbagai aplikasi untuk memungkinkan pengguna melakukan hal-hal seperti memindai kode, membeli barang atau melakukan pembayaran online.

Misalnya, saat memindai kode NFC untuk membayar tempat parkir, cuplikan Apple Pay akan muncul di layar yang meminta pengguna membayar parkir tanpa harus mengunduh apa pun di iPhone atau harus mendaftar.

App Clips dapat dengan mudah ditemukan di App Library atau di situs berbagai aplikasi yang mendukungnya.

App Clips dapat dibagikan melalui iMessage atau dengan 'App Codes' yang dapat dipindai pengguna dengan kamera untuk membuka App Clips tertentu.

Apple sudah mulai menggelontorkan iOS 14 developer beta. Berlanjut bulan depan iOS 14 Public Beta sudah bisa dicicipi, namun versi finalnya baru akan dirilis pada September mendatang.

iOS 14 kompatibel dengan perangkat iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone SE (2nd generation), iPhone SE (1st generation), iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPod touch (7th-generation). (inilah.com)