Hebat, Lulusan Terbaik FDK UIN Bandung Lolos Seleksi Kampus Terbaik Eropa 

Hebat, Lulusan Terbaik FDK UIN Bandung Lolos Seleksi Kampus Terbaik Eropa 
istimewa

INILAH, Bandung - Nazilatus Syiam, lulusan terbaik Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2019 lulus seleksi Universitas Dunia di Polandia, Nicolaus Copernicus University. Kampus dengan rangking 800 besar dunia. Nazil, panggilan Nazilatus Syiam, lulus dengan mengambil jurusan Human Resourch Management.

Nazil bercerita bahwa kuliah di luar negeri sudah dicita-citakan sejak duduk di bangku madrasah aliyah. Melalui beasiswa daerah dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nazil lulus tanpa hambatan.

“Nazil sejak awal emang udah niat kuliah dengan negara tujuan Polandia,”ungkap Nazil, Rabu (24/06/2020).

Ia mendapatkan dukungan penuh dari keluarga untuk kuliah di Eropa dengan beasiswa penuh dari pemerintah NTB tersebut. Namun, walaupun Nazil lulus tanpa halangan, bukan berarti syaratnya mudah. Menurut anak pertama dari 4 bersaudara ini, cukup banyak persyaratan yang harus dipenuhi olehnya agar mendapatkan beasiswa.

“Banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar beasiswa ini, TOEFL ITP, Ijazah, transkrip nilai, study plan, motivation letter, CV, surat rekomendasi, surat sehat, surat keterangan bebas narkoba, paspor, dan KTP,” tambah Nazil.

Selain seleksi administratif, lulusan prodi Hubungan Masyarakat tersebut juga harus lolos wawancara yang dilakukan oleh interviewer lulusan luar negeri dengan menggunakan bahasa Inggris. Nazil mengakui bahwa dengan latar belakang kuliah dan organisasi sangat membantu dalam proses wawacara tersebut sehingga mendapatkan kepuasan.

“Awalnya sih Nazil kurang percaya diri, karena kalau dilihat dari pesaingnya rata-rata udah senior, tapi ya Nazil stalking dulu aja medsosnya biar tahu nanti lapangan persaingannya seperti apa,” papar lulusan dengan IPK 3,99 ini.

Nazil dinyatakan lulus tanpa syarat setelah melalui proses seleksi berkas, wawancara bahasa Inggris selama 11 menit 40 detik. Kini wanita yang pernah bekerja di PT Dirgantara Indonesia ini sedang melakukan persiapan pemberangkatan ke Polandia.

“Jika tidak ada kendala dan sudah kondusif insya Allah berangkat bulan September dan langsung mulai kuliah,” jelasnya.

Hal yang tidak luput dari kontribusi untuk kelulusan Nazil adalah support lingkungan selama kuliah, baik organisasi ekstra maupun ekstra kampus. Hal diceritak Nazil, menjadi support system bagi dirinya.

Nazil merupakan lulusan terbaik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2019 dengan IPK tertinggi 3,99. Nazil tidak hanya berprestasi dalam bidang akademik, juga prestasi minat dan bakat milai dari lomba pidato bahasa Inggris, debating, presentasi, juga futsal putri.

Selama kuliah, Nazil juga sangat aktif berorganisasi, selain memiliki kedudukan prestise pada lingkungan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi sebagai Ketua Dewan Mahasiswa, ia juga sering ditunjuk menjadi penanggung jawab event.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FDK, Dr. H. Dadan Suherdiana, M.Ag. berharap mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, bisa mengikuti jejak dan motivasi gadis dari negeri 1000 masjid tersebut.

Sukses untuk Nazil semoga langkah Nazil, diikuti oleh mahasiswa dan alumni Fakultas Dakwah dan Komunikai (FDK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung juga yang lainnya. (Okky Adiana).